ads

Kreatif! Gelar Kolaborasi Siswa Pariwisata SMKN 1 Ini Bikin Kagum Audien

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Panggung cukup elegan dengan ornamen bunga plastik serba putih menjadi pusat perhatian audien di lapangan outdor SMKN 1 Turen, Rabu (23/1). Ratusan pelajar bidang keahlian pariwisata unjuk keterampilan dan karyanya di atas panggung ini.

Secara bergantian, para pelajar tampil memperagakan keahliannya masing-masing. Yakni, kompetensi keahlian tata busana (66 siswa), tata boga (64 siswa), dan perhotelan (34 siswa).

Pada penampilan gelar busana misalnya, tiap siswa sekaligus menjadi model yang mengenakan busana buatannya. Kombinasi disain dan motif yang apik-apik, menunjukkan kreasi sekaligus menambah nilai kreativitas disain yang dibuat. Ditambah lagi, peragaan model dengan aksesoris payung, tas atau topi cantik.

“Dalam gelar ini, guru produktif juga menilai karya siswa. Ada kriteria best sewing dan best design. Yang dinilai adalah disain busana sendiri, komposisi warna, dan performance,” terang Eva Maria Yuliastuni, Kaprodi Tata Busana SMKN 1 Turen.

Sementara best sewing, lanjutnya, yang dinilai adalah proses saat menjahit baju. Seperti, bagaimana tekniknya, kehalusan jahitannya, dan kesesuaian pola dengan model saat ditampilkan.

Selain peragaan karya busana, juga ditampilkan housekeeping perhotelan dan pramusaji restoran. Seperti making bed, towel art, dan florist. Peragaan unik juga ditampilkan saat making bed, dimana siswa melakukannya dengan mata tertutup. Siswa tata boga menampilkan keahlian banana flambe.

Lilik Yulaikah, Waka Humas SMKN 1 Turen menambahkan, Gelar Kolaborasi bidang keahlian pariwisata ini digelar rutin tahunan untuk menunjukkan hasil karya siswa terutama di hadapan orang tua siswa.

“Kami tunjukkan hasil pembelajaran, agar orang tua juga bangga keahlian anak-anaknya. Selain peragaan karya busana, sekalian ditunjukkan keunggulan jasa boga dan akomodasi perhotelan,” katanya.

Tak hanya orang tua, perwakilan khusus dari mitra dunia usaha juga dihadirkan. Seperti dari hotel Trio Indah 2 dan hotel Ibis Malang.

“Ada juga cooking clas yang dipandu chef Hotel Ibis Malang. Sementara, khusus busana juga dinilai khusus juri dari Ivan Study Fitting,” pungkasnya. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *