Kreasi Resep Sehat ala Pelajar SMK, Olah Kudapan Ubi-Ubian Hingga Kopi

512

inspirasicendekia.com, MALANG – Kreasi makanan kudapan coba ditawarkan para tim pelajar SMK se Kabupaten Malang di aula SMKN 1 Turen, Kamis (26/9/2019). Berbagai resep kudapan berbasis sumberdaya lokal buatan mereka diadu dalam Lomba Kreasi Resep yang digelar saat itu.

Tim peserta dari 15 SMK ini merupakan pelajar program keahlian Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan. Makanan kudapan dengan resep khas masing-masing tim langsung mendapatkan penilaian tiga juri.

Lomba kreasi kuliner ini dibuka Bupati Malang HM Sanusi, didampingi ketua TP PKK Kabupaten Malang. Acara ini digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang yang menjadikan mitra SMKN 1 Turen. Temanya, ‘Cegah Stunting, Melalui Penganekaragaman Pangan’.

Dengan bahan pangan lokal, resep kudapan diolah menjadi berbagai jenis kue (cake) dan minuman (pudding). Bahan lokal ini seperti jenis ubi-ubian, tepung moka, jagung, hingga kopi.

Salah satu juri lomba, Moch Catur, menekankan harus adanya sinergi produk, gizi dan daya beli pasar atas olahan yang dihasilkan.

“Yang dinilai mencakup rasa, tekstur, presentasi (penyajian), resep, terus arahnya bagaimana nanti diproduksi, termasuk kandungan gizinya,” kata chef dari Hotel Sahid Montana 2 ini.

Menurutnya, kalau resep bobot penilaiannya hanya 30 persen. Selebihnya, penampilan dan realita bagimana produk bisa dipasarkan lebih luas dan sehat dikonsumsi terutama bagi anak dan para (calon) ibu.

Dua tim peserta dari SMKN 1 Turen misalnya, menyajikan aneka kue dan pudding dengan tampilan display sedemikian rupa.

“Kami buat tiga olahan resep pudding dan cookies, diantaranya Lava Cake dan Cendol Taro. Bahan dasarnya kopi Dampit, ubi unggu, selai kacang sama tepung singkong (mokaf),” kata Muhibatul Makrifah, peserta dari jurusan Tata Boga SMKN 1 Turen.

Kreasi kudapan lain dari tim peserta SMKN 1 adalah brownis Putu Ayu, dari ubi ungu. Ada lagi kue dari fermentasi tape singkong yang dijadikan adonan. Kue ini juga dilapisi adonan jagung dan ubi ungu sebagai tambahan gizi dan rasa lainnya.

Hasil lomba dimenangkan dari tim asal SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebagai juara 1, yang menyajikan cake Lasava dan crispy taro. Disusul juara 2, peserta dari SMKN 1 Turen dan juara 3 diraih tim dari SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. [min]


Beri Komentar
Berita Terkait