Kemah Karakter SD, Pembiasaan Keseharian Anak dan ‘Sekolah Alam’

432

inspirasicendekia.com, MALANG – Suasana keseharian dikenalkan pada ribuan anak dalam Kemah Karakter SD se-Kabupaten Malang di Talok Turen, Jumat (22/11) petang. Selama kemah ini, peserta diajak mengalami rutinitas seperti biasanya saat di lingkungan keluarga sehari-hari.

Suasana ini setidaknya tergambar dalam aktivitas anak menjalani salat berjamaah lima waktu, makan bersama, hingga bermain dan belajar apapun, di lingkungan kemah dan dalam tenda.

“Kemah pendidikan karakter ini mengajak anak-anak mengalami bagaimana menjalani keharian yang semestinya. Kemah ini ibaratnya miniatur kehidupan mereka di rumah,” kata Kabid SD Dinas Pendidikan, Slamet Suyono, usai apel pembukaan Kemah Karakter, Jumat (22/11) petang.

Dikatakan, nilai-nilai pendidikan karakter diharapkan tertanam melalui kemah selama dua hari ini. Diantaranya, bagaimana anak-anak memiliki rutinitas kegiatan yang baik dan selalu bisa dijalani.

“Pendidikan karakternya sederhana, seperti ibadah salat lima waktu berjamaah, makan dan belajar teratur, dan mempersiapkan keperluan diri secara mandiri. Jadi, bukan lomba-lomba keterampilan kepramukaan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Slamet, anak-anak peserta kemah juga diberi ruang serta dirangsang kreativitas dan kekompokannya dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, dengan belajar bersama dan permainan seperlunya.

“Ya, kegiatan edukasi dan belajar anak tidak boleh ditinggalkan. Kemah ini juga ibaratnya sekolah alam, jadi anak-anak tetap belajar di luar kelas, di tempat terbuka,” imbuhnya.

Slamet Suyono berharap, akan terbangun pembiasaan juga penguatan karakter positif, tidak hanya bagi anak namun juga pada guru pembina.

“Harapannya, akan berimbas agar guru bisa membuat kegiatan pembiasaan karakter yang terjadual. Atau, anak-anak sendiri memiliki agenda kegiatan sehari-hari, yang bisa diketahui guru dan orang tua,” demikian Slamet.

Tak hanya kegiatan di lingkungan kemah, peserta juga diberi kesempatan unjuk bakat dan keterampilannya. Yakni, dengan menampilkan seni tari di tiga panggung seni yang disediakan panitia. [min]

Berita Terkait