Keluar SK Definitif, Puluhan Kepala SDN Sertijab Serentak

inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah SDN dan SMPN yang selama ini mengalami kekosongan kepala sekolah (kasek) definitif kini resmi dijabat kasek baru. Serah terima jabatan (sertijab) kasek dilakukan serentak hari ini, Rabu (12/8/2020).

Ini setidaknya dilakukan di dua tempat, yakni di lingkungan koordinator wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kecamatan Turen dan Wajak. Acara sertijab dan pengukuhan dilangsungkan di aula kantor korwil Dinas Pendidikan kecamatan masing-masing, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Abdul Wahid Arif, sempat memberikan pembinaan di hadapan para kasek SDN di kecamaran Wajak. Sementara, Camat Turen juga turut hadir menyaksikan sertijab kasek yang digelar pada saat hampir bersamaan.

Kepala Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Turen Dulatip mengungkapkan, sertijab dan pengukuhan diikuti sejumlah 25 kepala SDN. Rinciannya, sertijab kasek untuk 8 lembaga SDN, dan pengukuhan 17 kasek yang mengalami rotasi. Selain itu, sertijab juga diikuti kepala SMPN 1 Turen.

Dikatakan, sertijab kepala SDN yang mengalami kekosongan kasek definitif. Akan tetapi, lanjutnya, belum semua lembaga SDN terpenuhi kebutuhan kasek definitifnya.

“Sertijab hanya diikuti 8 kasek promosi. Selebihnya pengukuhan kembali. Masih ada kebutuhan kasek definitif yang belum terpenuhi, yakni 5 SDN. Hingga akhir 2020 ini, bahkan bertambah jadi 7 lembaga karena memasuki purna tugas,” kata Dulatip, usai acara sertijab, Rabu (12/8) siang.

Dari kasek definitif yang sertijab ini, sebagian besar menjabat di lembaga SDN yang sudah lama kosong kaseknya, atau sudah dikepalai oleh pelaksana tugas (plt) kasek yang juga merangkap menjadi kepala SDN lain. Salah satunya, Supriyanto (59), yang kini bertugas sebagai kepala SDN Sawahan 5. Sebelumnya, ia menjadi plt kasek di SDN Undaaan.

Dulatip berharap, tetap ada pengadaan kasek definitif untuk mengisi kekosongan tahun ini. Termasuk, dilakukannya diklat calon kepala sekolah baru nantinya.

Sementara, di lingkungan korwil kecamatan Wajak, sertijab diikuti 6 kepala SDN promosi dan 8 orang kasek yang mendapat mutasi atau perpindahan dari SDN lama ke tempat baru. Sisanya, 4 kasek hanya mengikuti pengukuhan saja karena tetap menjabat di lembaga SDN lama yang sudah dikepalainya. [rul]

Berita Terkait