ads

Jatim Juara Umum KSN 2021, Kota Malang Raih Empat Emas

MALANG – Predikat juara umum ajang bergengsi Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 kembali disandang Jawa Timur. Ini setelah pelajar dari Jatim mampu meraih 29 medali emas, 29 perak, dan 28 perunggu.

Pengumuman juara KSN 2021 ini seperti dirilis Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek saat acara penutupan KSN 2021 secara virtual, pada Jumat (12/11/2021) lalu.

Sementara itu, peringkat kedua ditempati DKI Jakarta dengan raihan 21 emas, 28 perak, 25 perunggu, dan disusul Jawa Barat di peringkat ke-3 dengan raihan 11 medali emas, 15 perak, dan 26 perunggu.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri saat menutup ajang KSN 2021 ini, mengungkapkan bahwa KSN 2021 resmi digelar pada 7 November 2021 lalu. Dikatakan, KSN 2021 diikuti oleh 2.179 siswa. Rinciannya, terdiri dari 544 siswa tingkat SD/MI, 735 siswa tingkat SMP/MTs, dan 900 siswa tingkat SMA/MA.

Dengan hasil yang diraih ini, Jawa Timur mengamankan prestasi juara umum KSN Kemendikbudristek berturut-turut sejak 2020 lalu.

Capaian membanggakan ini juga melengkapi prestasi yang diraih Jatim tahun ini. Yakni, jumlah lulusan SMA yang diterima PTN pada SBMPTN se Indonesia, dan penilaian tertinggi Indeks Kinerja Urusan Pendidikan LPPD Kemendagri diantara provinsi lain se Indonesia.

Kota Malang Sumbang Empat Medali Emas

Empat siswa dari tiga sekolah/madrasah dari Kota Malang mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya di ajang KSN 2021 yang diselenggarakan Kemendikbudristek. Prestasi medali emas disumbangkan dari mapel Olimpiade yang diikuti.

Dua medali emas KSN 2021 untuk Jawa Timur dibawa pulang 2 siswa MTsN Kota Malang. Yakni, Ahmad Ayman Al Ghifari, dan Al Davi Muhammad Azriel Firdaus. Keduanya menjadi peserta terbaik mapel IPA.

Medali emas lainnya diraih Banon Akbar (siswa SD Unggulan Al-Ya’Lu Kota Malang) dari bidang Matematika, dan Muhammad Jilan W (MAN 2 Kota Malang) juga dari bidang Matematika. [rul]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.