Investasi Masuk Kabupaten Malang, Sanusi Dorong Lulusan SMK Terserap

inspirasicendekia.com, MALANG – Keterserapan lulusan SMK diharapkan lebih meningkat saat masuknya investasi perusahaan di Kabupaten Malang. Bupati Malang mendorong SMK-SMK mampu menangkap peluang kerja yang ada.

“Tergantung skill yang dibutuhkan. Tapi, Saya sudah sampaikan harapan setidaknya 60 persen calon pekerja dari lokal untuk investasi perusahaan yang masuk,” demikian Bupati Malang, M Sanusi, di sela acara Millenial Job Expo 2020 di SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu), Sabtu (11/1/2019).

Calon pekerja lokal ini, kata Sanusi, bisa diisi dari lulusan SMK. Termasuk, dari calon lulusan SMK Muhammadiyah 7 atau dari hasil rekrutmen bursa kerja yang bisa digelar sewaktu-waktu.

Bupati Sanusi berharap, SMK Mutu bisa menangkap peluang kerja dimana pun, dengan banyak membekali siswanya berbagai pengetahuan dan pengalaman bagaimana memasuki dunia kerja.

Ia juga menegaskan, citra SMK sebagai penyumbang pengangguran produktif tidak terjadi. Apalagi, sudah banyak siswa SMK yang diminati perusahaan dan terserap kerja sebelum resmi lulus sekolah.

“Bisa jadi image itu tidak benar. Buktinya seperti di SMK Mutu ini, hampir semua lulusannya terserap dunia kerja. Kecuali yang memang tidak ingin bekerja (memilih berwiraswasta),” tegas Bupati.

Karena itu pula, bupati Sanusi mendorong SMK-SMK lebih bergairah dalam menyiapkan calon lulusannya. Sehingga, tetap memiliki keunggulan yang juga memiliki daya saing yang bisa menjamin keterserapannya.

“Ya, memang harus banyak berkolaborasi dengan dunia usaha. Kita lihat saja nanti (peluangnya). Dalam dua tahun ke depan, harapannya angka pengangguran produktif di Kabupaten Malang sudah tidak ada lagi,” tegasnya.

Bupati Sanusi juga menyatakan apresiasinya pada SMK Muhammadiyah 7 yang menjadi SMK pilot project Kementerian Koordinator Perekomomian RI. Dengan program dan dukungan yang ada, SMK Mutu diharapkan bisa lebih berperan bagi terselesaikannya masalah yang kebutuhan kerja dan keterserapan lulusan SMK.

Kegiatan Millienial Job Expo ini sendiri diikuti puluhan perusahaan lokal dan nasional, yang menyediakan setidaknya 700 lowongan kerja. Bagi SMK Mutu, bursa kerja menjadi sumbangsih dan kiprahnya bagi anak bangsa dengan mengupayakan keterserapanya di dunia kerja. [min]

Berita Terkait