ads

Hari Pertama Ambil PIN, PPDB SMKN 1 Turen Diserbu 327 Pendaftar

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Antusias masyarakat untuk bisa melanjutkan sekolah di SMKN 1 Turen cukup tinggi. Meski belum kelulusan SMP, calon siswa baru berebut mengambil nomor PIN PPDB.

Tercatat, sejumlah 327 pendaftar yang datang ke SMKN 1 Turen untuk mengambil PIN PPDB di hari pertama, Senin (27/5/2019).

“Hampir semua sudah tervalidasi yang datang mengambil PIN. Asumsi awal, yang datang hanya 250 pendaftar. Ya, tetap kita layani semua sampai selesai,” kata Ghoniyatul Maziyah, ketua PPDB SMKN 1 Turen, Senin (27/5) siang.

Dikatakan Maziyah, disediakan setidaknya 9 desk layanan operator untuk input data pendaftar. Juga, adanya petugas kesehatan untuk pemeriksan dan tes kesehatan calon siswa. Yang diperiksa adalah mata, dan tinggi badan khusus program keahlian perhotelan, yakni minimal 155 perempuan dan 160 cm laki-laki.

“Setelah tes kesehatan, baru dilayani permintaan PIN. Ya, sekitar pukul 8. Tapi, ada juga pendaftar yang sudah membawa surat keterangan sehat dari luar,” imbuhnya.

  • Save

Berbeda dengan SMAN, PPDB 2019 untuk SMKN diterapkan tanpa zonasi. Sehingga, calon siswa dari mana saja bebas memilih dan mendaftar di sekolah yang ada di Kabupaten Malang.

Menurut Ghoniyatul Maziyah, didapati pendaftar hari pertama ini dari Gadang Kota Malang. Ada juga dari siswa lulusan Jember, Pronojiwo Lamajang dan Sumbermanjing Wetan.

“Sementara belum entri NUN pendaftar karena belum pengumuman kelulusan SMP/MTs. Jadi, di tanda bukti validasi PIN tanpa keterangan NUN. Nanti, pada tanggal 29 Mei, diperkirakan pendaftar lebih banyak,” jelas perempuan yang juga Waka Kesiswaan ini.

Pengambilan PIN dan tes kesehatan sendiri dijadualkan sampai 20 Juni mendatang. Selain online, SMKN 1 Turen juga membuka PPDB jalur offline untuk prestasi, keluarga tidak mampu, dan pindahan orang tua.

“PPDB jalur offline dibuka selama 11 sampai 13 Juni 2019. Baru tanggal 17 Juni 209 diumumkan pendaftar yang diterima,” kata Lilik Yulaika, waka Humas SMKN 1 Turen.

SMKN 1 Turen sendiri membuka 7 (tujuh) program keahlian dengan 17 rombel dan pagu siswa baru 612 siswa. Rinciannya, program Teknik Komputer Jaringan, Tata Boga, Tata Busana, Perhotelan (masing-masing 2 rombel), Akuntansi, Otamatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Dari dan Pemasaran (masing-masing 3 rombel). [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *