Hasil UN SMP Kabupaten Malang, Rerata dan Nilai Tertinggi Merata

1.642

inspirasicendekia.com, MALANG – Hasil Ujian Nasional (UN) jenjang SMP tahun 2019 di Kabupaten Malang lebih merata. SMP negeri dan swasta sama-sama mendapatkan nilai bagus untuk kategori yang berbeda.

Berdasarkan data olahan hasil UN SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, dari 10 peringkat rerata NUN tertinggi, hanya tiga ditempati SMPN. Yakni, SMPN 1 Singosari, SMPN 4 Kepanjen, dan SMPN 1 Turen. Sisanya, diraih siswa dari SMP swasta.

Tercatat, rerata NUN SMPN 1 Singosari tertinggi, yakni 330,14 dengan jumlah peserta UN 310 siswa. SMPN 4 Kepanjen mendapatkan rerata NUN 317,14 dengan jumlah peserta jauh lebih banyak, yakni 381 siswa. Sementara itu, SMPN 1 Turen menduduki peringkat ke-3 dengan rerata NUN 297,76 dengan jumlah peserta 341 siswa.

“Pertama kami patut bersyukur. (Capaian hasil UN) ini hasil kerja keras dan kerja iklas serta budaya mutu. Harus terus dijaga dan dipertahankan,” demikian Susilo Wardoyo, kepala SMPN 1 Singosari, terhadap hasil UN yang didapatkan, Rabu (29/5/2019).

Terpisah, Kepala SMPN 1 Turen Muhtadi, juga menyampaikan rasa syukurnya atas hasil UN ini. Meski di urutan ke-3 SMP Negeri, menurutnya hasil ini menunjukkan SMPN 1 Turen masih eksis. Semua juga berkat kerja sama antarwarga sekolah terutama guru.

“Kurikulum dan sistem pembelajaran yang kami terapkan, yakni kelas unggulan. Sedangkan, siswa dengan kemampuan lower kami perhatikan khusus juga, kami angkat sehingga bisa menjadi rata kemampuannya,” kata Muhtadi.

Sejumlah SMP swasta mempunyai rerata NUN lebih tinggi, tetapi dengan jumlah peserta UN jauh lebih sedikit. Diantaranya, SMP Ar Rohmah Boarding School, dengan rerata NUN 311,41 dan SMP Tazkiah IIBS rerata 310,37. Tercatat juga SMP Ar Rohmah Putri Dau dengan rerata 295,49.

Sementara itu, perolehan NUN tertinggi diraih siswa SMPN 1 Tumpang atas nama Verninda Inri Maulida Risma. Siswi ini mendapatkan total nilai 394 dan mendapatkan nilai sempurna (100) pada mapel Matematika dan IPA.

Siswa dari SMPN 1 Singosari dan SMPN 4 Kepanjen tercatat sama-sama mendapatkan NUN tertinggi peringkat ke-2. Keduanya mencapai NUN 393,5 dan mendapatkan nilai 100 untuk mapel Matematika.

Di peringkat ke-3 nilai tertinggi UN didapatkan siswa dari SMPN 2 Singosari, Rasya Nathaya Baitha Maqdist. Siswi ini juga mendapatkan nilai 100 mapel Matematika dengan total NUN 391,5.

Secara umum, 10 besar nilai tertinggi UN didominasi siswa SMPN 1 Singosari, yakni sejumlah sepuluh anak. Mayoritas NUN tertinggi berikutnya diraih siswa SMPN 4 Kepanjen sebanyak lima anak.

Sedangkan, siswa SMP swasta yang juga meraih NUN tertinggi adalah dari SMP Ar Rahmah Putri Dau, peringkat ke-6, dan SMP Ar Rohmah Boarding School, peringkat ke-7. [amn]


Beri Komentar
Berita Terkait