Gebyar Expose Kanesa, Pamerkan Hasil Kompetensi – Kreativitas Terbaik Siswa

inspirasicendekia.com, MALANG – Berbagai karya hasil kompetensi siswa digelar dalam Gebyar Expose SMKN 1 Kepanjen (Kanesa), Sabtu (25/1). Karya kompetensi ini dipamerkan kepada semua tamu bersamaan dengan puncak peringatan 11 Tahun Kanesa ini.

Karya kompetensi siswa SMKN 1 ini dipajang di sejumlah booth yang didisain sedemikian rupa di area festival teknologi. Sebagian besar adalah produk hasil kerja tiap kompetensi keahlian yang dimiliki.

Diantara karya kompetensi ini, adalah produk simulator deteksi gempa, alat praktik panel listrik tenaga surya (solar cell), dan instalasi jaringan serat optik.

Yang menarik, dipamerkan juga modifikasi sepeda baca sebagai salah satu program penguatan literasi di SMKN 1 Kepanjen. Sepeda literasi ini dirancang dengan panel dan kantong tempat buku, juga dilengkapi dengan perangkat wifi untuk akses internet bagi pembaca.

Sepeda ini bisa dimanfaatkan sebagai perpustakaan keliling, yang ramah lingkungan dan lebih mobile karena bisa mendekat langsung pada calon pembaca. Karya inovasi ini melengkapi fasilitas penunjang digital library yang sebelumnya dimiliki SMKN 1 Kepanjen.

Selain karya kompetensi, sejumlah kreativitas dan bakat siswa ditampilkan di panggung besar pentas seni di lapangan indoor SMKN 1. Salah satunya, pertunjukan tari kolosal yang juga disaksikan langsung undangan penting dan menghibur semua warga sekolah.

“Tariannya berjudul Pesona Nusantara, yang merupakan kreasi tarian kontemporer dan gabungan beberapa cuplikan tari daerah,” kata Rini Astini, guru pengampu tari SMKN 1 Kepanjen.

Menurutnya, tari kreasi kolosal ini melibatkan setidaknya 39 personel penari, dengan latihan intensif dua pekan. Tema persembahan tari kolosal ini sendiri adalah ‘Citra Gemilang Puspa Warni Kanesa 2020.’

“Tarian dibagi beberapa segmen, dengan alur cerita menggambarkan suasana belajar yang penuh pergolakan dan perjuangan. Lalu, paling ditonjolkan adalah pencapaian prestasi dan keagungan, yang dilambangkan ratu yang diusung banyak orang,” jelas Rini Astini.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penandatanganan prasasti menandai peresmian Ruang Praktik Siswa berikut alatnya, oleh Kasubdit Sarpras Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Hariyono MM.

Didampingi Kabid SMK Dinas Pendidikan Jawa Timur, Suhartono, dan jajaran pejabat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, lalu dilakukan peninjauan sejumlah ruang praktik dan pameran produk kompetensi keahlian siswa. [min]

Berita Terkait