ads

Dominasi Atletik O2SN SMP, Atlet Pelajar Kabupaten Malang ini Terbaik Nasional

  • Save

Inspirasicendekia.com, JAWA TIMUR – Satu atlet pelajar andalan Kabupaten Malang menambah perolehan medali bagi Jawa Timur di ajang O2SN nasional. Satu medali emas didapatkan dari cabor atletik jenjang SMP yang digelar di lapangan atletik Prof Dirham Universitas Negeri Semarang ini.

Kali ini, dominasi cabor atletik dipegang atlet Rohiba Nur Abadan (14), pelajar SMPN 1 Tirtoyudo Kabupaten Malang. Rohiba Nur yang turun di tiga nomor sekaligus, yakni tolak peluru, lari 60 meter dan lompat jauh, tidak mampu terkejar pesaingnya dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan catatan skor yang dibukukan, total poin Rohiba Nur Abadan adalah 1.864. Untuk keseluruhan skor tri lomba nomor atletik, rinciannya adalah 7.26 waktu tempuh lari 60 meter. Sementara, catatan skor lempar jauhnya adalah 5.66 meter dan skor tolak peluru (shot and put) 11.20 meter.

“Kemampuan teknisnya (Rohiba Nur Abadan) sudah mampu mencapai limit tri lomba atletik tingkat nasional tahun lalu. Ini diketahui selama menjalani latihan selama hampir setahun ini. Ya, banyak peningkatan baik di lari, lompat dan lempar,” demikian Juwita Prembayun, guru olahraga SMPN 1 Tirtoyudo yang melatih Rohiba, Rabu (28/8/2019) siang.

Selain tekun persiapan latihan hingga tingkat nasional, lanjut Juwita, anak didiknya ini memang memiliki motivasi tersendiri menghadapi O2SN tingkat nasional tersebut.

“Berbekal prestasi juara 3 O2SN tingkat provinsi, Rohiba memang berharap bisa menebus kekalahannya tahun lalu. Rutinitas latihan pun dijalaninya setiap hari, pagi jam 7 sampai 11 siang, kecuali hari Minggu,” beber Juwita.

Terlebih, selain program puslat selama Rohiba mengikuti kompetisi lomba antarpelajar ini, juga diselenggarakan latihan persiapan melalui ekstra khusus atletik cabor trilomba O2SN.

Sebelumnya, di ajang O2SN SMP tingkat Jawa Timur lalu, atlet ini mampu mengumpulkan total poin tertinggi dari nomor turbo throwing (lemparan tercepat dan terjauh). Hasil ini mengantarkannya sebagai juara 1 dan meraih tiket bertanding di tingkat nasional pekan ini. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *