ads

Difasilitasi Kemendikbud, Ribuan Peserta Ikuti Uji Kompetensi Massal

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Uji kompetensi massal bagi peserta kursus keterampilan se Jawa Timur digelar bersamaan dan dipusatkan di SMPN 3 Kabupaten Malang, Minggu (21/7/2019). Sekitar 1.443 peserta kursus harus menjalani praktik untuk dinilai keahliannya.

Para peserta ini tidak hanya berasal dari Malang Raya, tetapi ada juga dari daerah sekitar seperti Kabupaten Jombang, Blitar, bahkan Kota Surabaya. Setidaknya 10 (sepuluh) bidang keahlian yang diikuti peserta uji kompetensi massal ini.

Tercatat, peserta paling banyak adalah uji kompetensi batik (500 orang), disusul bordir dan sulam (200 orang). Sedangkan, kompetensi dengan peserta along sedikit adalah komputer dan disain grafis, yakni hanya diikuti 35 orang.

  • Save

Keterampilan lain yang diujikan adalah hantaran dan tata kecantikan rambut, dan tata rias pengantin, akuntansi, Bahasa Inggris, pijat refleksi, dan teknik kendaraan ringan.

Uji kompetensi ini difasilitasi langsung Kemendikbud melalui program Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat. Sebelum ujian massal digelar, Plt Bupti Malang yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, Abdul Qodir, berkesempatan membuka secara resmi kegiatan ini.

“Tentunya, besar harapan kami agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan bisa memberdayakan masyarakat sehingga mampu meningkatkan taraf hidupnya,” demikian sambutan Plt Bupati Malang sesaat sebelum pembukaan, Minggu (21/7/2019) pagi.

Dengan menggelar uji kompetensi massal ini, diharapkan juga dapat memberikan informasi langsung ke masyarakat dan dunia usaha/industri yang dilatihkan, bahwasanya LKP bisa dijadikan temp untuk mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan SDM yang berkompeten, berkarakter unggul dan siap kerja. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *