ads

Darul Arqam di SMK Muhammadiyah 1, Juga Bekali Etika Kerja dan Bermedsos

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Ramadan tidak sekadar menjadi momen berpuasa untuk peningkatkan ketaqwaan. Penanaman karakter dan akhlaq yang baik juga banyak diberikan pada peserta darul arqam di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Bulan Ramadan memang sangat dimanfaatkan SMK Muhammadiyah 1 untuk mencetak pribadi berakhlaqul karimah di kalangan peserta didiknya. Kegiatan ramadan sengaja dilaksanakan hampir sebulan penuh agar hasilnya maksimal.

Rangkaian kegiatan selama Ramadan berupa salat tarawih berjamaah sebulan penuh di masjid Fastabiqul Khairat yang ada di lingkungan sekolah. Sehingga, masjid ini pun menjadi makmur oleh jamaah siswa dan guru setiap malam ramadan.

Ramadan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen juga diiasi kegiatan darul arqam, yang diikuti semua siswa kelas X dan XI selama 6-14 Mei 2019. Selama mengikuti darul arqam ini, siswa diajak menjalani ibadah fardlu dan sunnah. Juga, memperdalam pemahaman amalan seperti praktik perawatan jenazah.

Guru pembina SMK Muhammadiyah 1, Syah Rizal Alqadhafi mengatakan, tak hanya materi keagamaan, peserta juga dibekali softskill untuk kerja sehingga lulus lebih cakap dalam bekerja nantinya.

  • Save

“Dibekali siswa ini agar intra dan interpersonal skill-nya bagus, mentalnya tangguh dan cerdas dalam bekerja. Sementara, pengembangan diri untuk membangun skill dan kompetensi keahlian serta jiwa kewirausahaan mereka,” ungkapnya.

Menariknya, siswa juga dibekali akhlaq bermedsos agar punya etika dalam bermedsos. Seperti tidak mengumbar status membully, kata-kata kotor, mudah berkomentar pada sesuatu yg belum jelas kebenarannya.

“Tujuannya agar siswa sadar bahwa medsos pun punya aturan dan etika, juga cerdas dalam menggunakannya,” demikian Syah Rizal. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *