ads

Bimtek Pembinaan OSIS, Dorong Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Siswa

Foto: Sambutan pembukaan bimtek Pembinaan OSIS oleh Kabid SMP Dinas Pendidikan, Koko Subagyo. 

MALANG – Atensi khusus diikhtiarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam mengawal peserta didik dalam menjalani pendidikannya. Salah satunya, melalui bimbingan teknis (bimtek) pembinaan OSIS SMP yang dilangsungkan selama, 6-7 Oktober 2021.

Kegiatan bimtek pembinaan ini ditujukan pada satu perwakilan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN, didampingi guru pembina kesiswaan tiap satuan pendidikan. 

Dalam bimtek ini, banyak diberikan materi untuk mendukung tercapainya profil dan karakter siswa yang lebih unggul nantinya. Seperti, motivasi kepercayaan diri serta pengenalan kepribadian dan potensi diri. Materi ini banyak disuntikkan narasumber motivator juga ahli psikologi anak dan remaja. Selain itu, juga diperkuat strategi penanganan kenakalan remaja dan penguatan pendidikan karakter peserta didik. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Rachmat Hardijono, melalui sambutan yang dibacakan Kepala Bidang SMP Koko Subagyo menyatakan, bahwa kepemimpinan menjadi hal penting bagi pengurus OSIS, maupun dalam keseharian kehidupannya kelak. 

Dikatakan Kadindik, sebagai bagian dari generasi muda, pembinaan OSIS diarahkan untuk membentuk kader penerus bangsa dan pembangunan nasional. Karena itu, lanjutnya, pembinaan OSIS harus dibekali kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur. 

Kadindik Rachmat juga menandaskan, menjadi pengurus OSIS merupakan peserta didik pilihan dan berprestasi dan aktif di sekolahnya. 

“Karena itu, pengurus OSIS haruslah berwawasan luas, pandai berinteraksi (sosial), dan kepemimpinan yang menjadi modal strategis yang harus kalian miliki,” tegas Rachmat Hardijono, Rabu (6/10) petang. 

Dengan kepemimpinan, maka generasi muda akan mudah mengarahkan dan menggerakkan diri sendiri, juga lingkungan sekitar, dalam mewujudkan visi misi dan cita-cita yang hendak dicapai.

Salah satu siswa peserta workshop, Dafan Novan Prasetyo berharap, bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru selama mengikuti pembinaan workshop. Sehingga, ia akan mendapatkan kemampuan lebih baik lagi nantinya. 

“Semoga bisa lebih baik lagi (dalam kepengurusan dan kepemimpinan) dan bisa (berprestasi) membanggakan sekolah,” demikian ketua OSIS SMPN 2 Wagir ini. (Rul) 

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.