ads

Berprestasi Nasional, SMK Malvocs Ditetapkan Jadi Center of Excellence

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Kepercayaan pemerintah terhadap keberadaan SMK Muhammadiyah 5 (SMK Malvocs) Kepanjen Kebupaten Malang terus bertambah. Tahun ini, SMK Malvocs ditetapkan sebagai Center of Excellence (COE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sektor Ekonomi Kreatif.

Program SMK COE dari Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud sendiri merupakan lanjutan dari program SMK Rujukan dan Revitalisasi yang sudah dijalankan beberapa tahun sebelumnya. Sebelumnya, SMK Malvocs sudah ditetapkan sebagai SMK Rujukan oleh Direktorat PSMK Kemendikbud pada 2019 lalu.

Sejumlah indikator menjadi penentu SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen bisa meraih predikat SMK Center of Excellence ini. Berbagai capaian prestasi hingga tingkat nasional termasuk yang menjadi pertimbangannya.

Kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Arif Joko Suryadi mengungkapkan, dengan menjadi SMK COE, maka diharapkan akan bisa diperkuat dan dikembangkan beberapa hal di SMK Malvocs.

  • Save
Kepala SMK Malvocs, Arif Joko Suryadi, dalam kesempatan diklat akhir Desember 2020 lalu.

“Dukungan bantuan ruang dan peralatan praktik kami dapatkan. Juga, untuk peningkatan sumberdaya guru, sehingga pembelajaran siswa akan lebih maksimal,” jelas Arif Joko, Rabu (17/2/2021).

Dengan sarana praktikum lebih memadai, maka kompetensi keahlian siswa SMK Malvocs bisa sesuai standar kompetensi seperti yang dibutuhkan dunia kerja dan industri (IDUKA).

dengan menjadi SMK COE, lanjut Arif Joko, kurikulum kompetensi keahlian tiap jurusan akan diselaraskan dengan IDUKA. Sehingga, diharapkan tidak akan terjadi kesenjangan antara yang diajarkan dengan standar dunia kerja nantinya.

SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sendiri kini punya lima jurusan atau program keahlian baru, dua diantaranya baru dibuka. Yakni, Perbankan Syariah, Perhotelan. Jurusan unggulan lainnya adalah Produksi Film, Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran, dan

Sebelumnya, SMK Muhammadiyah 5 juga memiliku dua Kelas dengan kerja sama industri, yakni Kelas Industri Produksi film dan Perbankan Syariah. Selama ini, SMK Malvocs juga mencatatkan lulusannya 85 persen terserap di dunia kerja. [amn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *