ads

Berlangsung Tiga Babak, 6 Tim SMPN Raih Tiket Finalis Lomba Cerdas Cermat

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Persaingan ketat terjadi di ajang Lomba Cerdas Cermat (LCC) antar SMP se Kabupaten Malang, Kamis (1/8/2019). Enam tim finalis dihasilkan setelah melalui tiga kali kompetisi di babak penyisihan.

Keenam finalis ini didapatkan setelah lomba babak penyisihan III yang diikuti 12 tim yang lolos. Diantaranya, dari SMPN 1 Bululawang, SMPN 2 Pagak, SMPN 4 Kepanjen, SMPN 1 Wajak, SMPN 1 Gondanglegi dan SMPN 1 Ngantang.

Tim SMPN 2 Pagak misalnya, berhasil lolos menjadi finalis setelah mengumpulkan skor akhir 60. Tim SMPN 2 ini mengakui harus mengalami persaingan berat untuk bisa menjadi finalis.

  • Save

“Awalnya skor tertinggal jauh, hingga sempat membuat panik juga. Syukur bisa mengejar tambahan skor terutama dari pertanyaan lemparan tim lain,” kata Danang Arya Pratama, salah satu anggota tim SMPN 2 Pagak, usai lomba, Kamis (1/8) siang.

Dikatakan Danang, soal materi pelajaran IPA diakui paling sulit. Tetapi, tambahan skor didapatkan timnya dari pertanyaan rebutan atau limpahan jawaban salah atau soal tak terjawab tim sebelahnya.

“Persiapan untuk lomba sekitar empat hari. Soal pelajaran IPA paling sulit. Pada final nanti, kami akan lebih persiapan khususnya pada materi yang lemah,” tambah anggota tim lainnya, Fiha Hazizah Fatmah dan diamini Ibad Maulana Yunus.

Sementara itu, koordinator juri LCC SMP Kabupaten Malang Sinyamin MPd mengungkapkan, lomba dibagi menjadi tiga sesi selama penyisihan. Namun begitu, pihaknya memastikan tidak ada soal yang ditanyakan ulang tiap babaknya.

“Bank soal yang disusun MGMP untuk lomba ini sangat banyak. Kami jamin soal tidak akan sama, termasuk sampai final nanti,” jelasnya.

Dikatakan, babak semifinal dan final LCC SMP ini akan digelar bersamaan dengan acara Kemah Pendidikan Karakter di Wanawisata Coba Rondo, Pujon, 6-7 Agustus mendatang. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *