Berkreasi Dua Hari, Video Pelajar SMPN Ini Menangi Lomba Vlog Antikorupsi

inspirasicendekia.com, MALANG – Pembelajaran antikorupsi dalam bentuk video singkat dibuat sejumlah pelajar SMPN di Kabupaten Malang. Beberapa video ini mendapatkan apresiasi sebagai karya Vlog terbaik, Senin (16/12).

Konten video bertema antikorupsi ini salah satunya buatan tim siswa SMPN 1 Kasembon. Vlog karya mereka mendapatkan penghargaan sebagai juara 1 Lomba Vlog Hari Antikorupsi yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen, awal Desember 2019 lalu.

Tim lomba Vlog SMPN 1 Kasembon diantaranya terdiri dari anggota tim kreatif dan editor, M. Yanuar (siswa kelas 9) dan kameramen, Yonanda Ferdian (kelas 8). Bersama tim juara dari SMPN lainnya, mereka menerima penyerahan tropi dan hadiah juara, saat apel bersama di lingkungan Kejari Kepanjen pagi hari ini.

“Karya Vlog yang meraih penghargaan ini murni hasil kreatifitas anak-anak. Mereka membuatnya dua hari. Sekolah memang memfasilitasi mereka belajar editing video dan akses internet untuk youtube,” kata Arif Mustofa, guru SMPN 1 Kasembon yang turut mendampingi mereka, Senin (16/12).

Arif berharap, lebih banyak diadakan lomba serupa oleh instansi lain, agar kreatifitas siswa lebih tersalurkan.

“(Dengan mengalami kompetisi dan mendapat apresiasi) sekaligus diharapkan bisa menjadi motivasi bagi anak untuk lebih berkarya,” imbuh guru yang merangkap Waka Kesiswaan ini.

Soal tema antikorupsi, menurutnya juga penting. Di masa depan, selain bisa membikin vlog, diharapkan pula perilaku antikorupsi dapat tertanam pada setiap anak Indonesia. Sehingga, kelak akan memicu lahirnya generasi yang jujur dan berintegritas.

Selain SMPN 1 Kasembon sebagai juara 1, lomba Vlog Antikorupsi ini juga dimenangkan tim dari SMPN 2 Kepanjen (juara 2), yang diwakili Rayhan Shahasyka, dan dari SMPN 1 Wonosari (juara 3), diwakili Dimas Satria Maulana.

Sebelumnya, sebagai rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, pihak Kejakaan Negeri Kepanjen juga melombakan baca puisi bertema antikorupsi, yang digelar pada 9 Desember 2019.

Hasilnya, tercatat tiga juara terbaik. Masing-masing diraih siswi SMPN 4 Kepanjen (juara 1), diraih Najwa K. Zahwa, SMPN 2 Kepanjen (juara 2), diraih Naysa Najwa, dan dari SMPN 5 Kepanjen (juara 3), diraih Yusro Lailatul M. [min]

Berita Terkait