Berkreasi Bebas, Karya Kebahasaan Murni Pelajar SMPN Ini Menginspirasi!

inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah karya kebahasaan pelajar SMPN Kabupaten Malang tersaji dalam sebuah parade kreasi saat acara jambore, Minggu (22/12). Bertemakan nilai-nilai karakter, puluhan karya yang mereka buat begitu menginspirasi.

Secara bergiliran, karya literasi kebahasaan yang sudah dibuat, ditampilkan saat unjuk karya di atas pentas. Diantaranya, tulisan esai, cerpen, puisi dan pantun.

“Luar biasa dan tidak menyangka. Beberapa tadi yang ditampilkan begitu menyentuh, hingga mengundang haru. Meski masih belajar pemula, mereka cukup berpotensi dengan karya-karyanya,” kesan Hadi Wardoyo, guru SMPN 2 Bantur, Minggu (22/12) siang.

Puisi karya Hilda Firliana AP misalnya, peserta dari SMPN 4 Kepanjen, begitu sarat nilai bela negara. Dalam puisi rmpat bait karyanya yang berjudul ‘Indonesia Detik Ini’, juga banyak diungkap keprihatinan dan harapan pada Tanah Air.

…..
Haruskah Aku selalu diam?
Mendengar Negeriku selalu dipenuhi hujatan.

Indonesia….
Negeriku yang sedang tertatih-tatih
Bangsaku yang tengah letih…..

Karya puisi bertema semangat nasionalisme lainnya juga dibuat peserta dari SMPN 1 Tajinan, Novanda Dwija F. Salah satu penggalan bait puisinya, mengajak sebagai penerus bangsa untuk membesarkan dan membanggakan nama Indonesia. Yakni, dengan berkarya dan berbagai sukses prestasi yang diraih.

Kegiatan yang dikemas jambore ini juga menjadi media pembelajaran, untuk pengembangan bakat dan kecakapan berbahasa, yang tanpa sekat. Karena, semua peserta dari latar belakang dan sekolah berbeda, berbaur saling terbuka satu sama lain.

“Selama beberapa jam saja, anak-anak sudah bisa berbaur, didampingi guru. Mereka bersama-sama belajar olah rasa dan kata, saling asah dan asih dalam menghasilkan karya. Ini bagus membangkitkan motivasi dan keberanian semua anak,” demikian Hadi Wardoyo. [min]

Berita Terkait