Ada Aksi #BersatuLawanCorona di Sela Pembelajaran Online MTsN 6

inspirasicendekia.com, MALANG – MTs Negeri 6 Malang memiliki cara kreatif memanfaatkan waktu siswanya di masa belajar mandiri di rumah mengantisipasi persebaran corona. Aksi #BersatuLawanCorona dilakukan menemani waktu belajar online ini.

Sesuai imbauan pemerintah, MTsN 6 Malang merespon antisipasi serangan Virus Covid 19 dengan melakukan pembelajaran mandiri secara online. Pembelajaran jarak jauh ini memanfaatkan media elektronik dan yang ada di madrasah dan perangkat digital yang dimiliki siswa.

Kepala Madrasah MTsN 6 Malang, Sutirjo MPd mengungkapkan, pembelajaran online dilakukan selama 16 sampai 29 Maret 2020. Selama siswa belajar di rumah, lanjutnya, para guru memberikan pendampingan secara online dengan dibantu wali siswa.

“Penugasan belajar tersebut menggunakan media digital seperti whatsapp, email, google classroom, juga melalui website sekolah,” jelas Sutirjo, Kamis (19/3) siang.

Selain menjadi salah satu cara mencegah penyebaran corona, menurutnya penugasan melalui media online diharapkan juga dapat melatih dan meningkatkan keterampilan guru menggunakan teknologi informasi untuk pembelajaran.

“Guru menyiapkan semua materi pembelajaran dalam jaringan internet dan memberikan pendampingan secara online juga,” jelas Sutirjo, di sela melakukan evaluasi pembelajaran mandiri secara online ini.

Manariknya, untuk memupuk semangat melawan penyebaran corona, sejumlah guru MTsN 6 Malang ini juga menyempatkan melakukan aksi flassmob dengan tagar #BersatuLawanCorona. Aksi ini dilakukan di tengah lapangan dekat madrasah, sebagai salah satu bentuk dukungan moril kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Dikatakan Sutirjo, MTsN 6 Malang berharap seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong dan tidak saling menyalahkan, dengan ikut bahu-membahu dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona, mulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

“Ayo semua saling bergotong royong mengatasi ujian yang ada di Indonesia. Insyallah dengan #BersatuLawanCorona Indonesia akan sehat, maju, sejahtera”, ujar Sutirjo dengan penuh semangat usai kegiatan evaluasi yang dilakukannya. [min]

Berita Terkait