ads

16 SDN/SMPN Kabupaten Malang Jadi Sekolah Model LPMP Kemdikbud

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 16 sekolah di Kabupaten Malang tahum ini diproyeksikan menjadi Sekolah Model. Ini menyusul penetapan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kemendikbud belum lama ini.

Penetapan 16 Sekolah Model ini adalah SMPN 1 Turen, SMPN 5 Kepanjen, SMPN 3 Lawang, SMPN 1 Ngantang, SMPN 2 Sumberpucung dan SMPN 2 Singosari.

Sementara, program Sekolah Model yang diberikan pada jenjang SD, diantaranya SDN 7 Kepanjen, SDN 03 Talok Turen, SDN 5 Lawang, SDN Landungsari 1, SDN 1 Sumbermanjing Kulon, dan SDN 3 Harjokuncaran Sumbermanjing Wetan.

  • Save

Bagi SMPN 1 Turen Kabupaten Malang, predikat Sekolah Model ini adalah tahun ketiga. Sejak 2017 lalu, SMPN 1 sudah berusaha melakukan pemenuhan standar pelayanan minimal sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Sekolah Model ini untuk sistem penjaminan mutu internal. Lebih pada penjaminan mutu pelayanan, untuk dijaga dan ditingkatkan,” demikian Lilik Niswatin Farida, waka humas SMPN 1 Turen, Senin (5/8/2019) siang.

Dikatakan, pengembangan untuk peningkatan mutu melalui program sekolah model selama ini lebih pada akademik.

Hasil pembelajaran dalam rapor dilihat dan dipetakan, lalu direncanakan pemenuhan mutu. Jadi, yang diangkat pemenuhan Standar Isi.

Untuk tahun 2019 ini, lanjut Lilik, standar penjaminan mutu internal harus benar-benar terpenuhi, dengan 7 tanda bintang pada Rapor Mutu yang dikeluarkan LPMP. Harapanya, output program berupa KTSP lebih sempurna, juga RPP lebih bagus.

“Selama menjadi Sekolah Model, ada perubahan, pemenuhan semua standar meningkat dibanding tahun sebelumnya. Seperti capaian NUN, program literasi dan pembiasaan karakter, kegiatannya lebih ditingkatkan,” jelasnya. [min]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *