ads

Upacara Detik-Detik Proklamasi, Pelajar Terbaik Ini Kibarkan Sang Merah-Putih

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Bendera Pusaka Merah Putih dikibarkan 75 pelajar terbaik anggota Paskibraka Kabupaten Malang di lapangan Stadion Kanjuruhan, Sabtu (17/8/2019). Pengibaran sang Saka Merah-Putih ini menandai peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 silam.

Saat upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, anggota paskibraka pembawa baki bendera pusaka Merah Putih adalah Mutiara Dewanti Wulancahyani, siswi SMAN 1 Bululawang. Sedangkan, yang bertugas saat upacara penurunan adalah Emilia Rahmawati, siswi SMAN 1 Turen.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dipimpin langsung Plt Bupati Malang HM Sanusi. Sementara, bertugas sebagai Komandan Batalyon Paskibraka saat upacara adalah Letda Infantri Abdul Hadi, dari Dodik Bela Negara Lawang.

  • Save

Kasi Pelatihan Kepemudaan Dispora Kabupaten Malang Dwi Sasmito mengungkapkan, 75 anggota paskibraka ini terdiri dari 50 putra dan 25 putri. Mereka sebelumnya dijaring dari setidaknya 744 siswa-siswi dalam seleksi awal yang dilaksanakan Dispora.

Dikatakan, seleksi meliputi administrasi dan lolos 250 peserta. Kemudian, tahapan seleksi selanjutnya adalah kemampuan parade, kesehatan, jasmani, baris berbaris dan pantokir.

  • Save

“Hasil akhirnya lolos 77 anggota, terdiri dari 51 putra dan 26 putri. Enam pelajar juga diikutkan seleksi paskibraka provinsi dan akhirnya lolos masing-masing 1 putra dan 1 putri,” imbuhnya.

Ditambahkan Dwi, masa latihan pra diklat bagi anggota paskibraka terpilih selama sekitar 1 bulan. Sementara, masa karantina dan masuk diklat di Dodikjur Bela Negara selama 10 hari.

Dua anggota paskibraka Kabupaten Malang yang terpilih pada seleksi paskibraka provinsi Jawa Timur Tri Wahyu Utomo dari SMAN 1 Singosari dan Monica Dyah Ayu Anggraini, juga dari SMAN 1 Turen. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *