Upacara Detik-Detik Proklamasi, Pelajar Terbaik Ini Kibarkan Sang Merah-Putih

355

Inspirasicendekia.com, MALANG – Bendera Pusaka Merah Putih dikibarkan 75 pelajar terbaik anggota Paskibraka Kabupaten Malang di lapangan Stadion Kanjuruhan, Sabtu (17/8/2019). Pengibaran sang Saka Merah-Putih ini menandai peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 silam.

Saat upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, anggota paskibraka pembawa baki bendera pusaka Merah Putih adalah Mutiara Dewanti Wulancahyani, siswi SMAN 1 Bululawang. Sedangkan, yang bertugas saat upacara penurunan adalah Emilia Rahmawati, siswi SMAN 1 Turen.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dipimpin langsung Plt Bupati Malang HM Sanusi. Sementara, bertugas sebagai Komandan Batalyon Paskibraka saat upacara adalah Letda Infantri Abdul Hadi, dari Dodik Bela Negara Lawang.

Kasi Pelatihan Kepemudaan Dispora Kabupaten Malang Dwi Sasmito mengungkapkan, 75 anggota paskibraka ini terdiri dari 50 putra dan 25 putri. Mereka sebelumnya dijaring dari setidaknya 744 siswa-siswi dalam seleksi awal yang dilaksanakan Dispora.

Dikatakan, seleksi meliputi administrasi dan lolos 250 peserta. Kemudian, tahapan seleksi selanjutnya adalah kemampuan parade, kesehatan, jasmani, baris berbaris dan pantokir.

“Hasil akhirnya lolos 77 anggota, terdiri dari 51 putra dan 26 putri. Enam pelajar juga diikutkan seleksi paskibraka provinsi dan akhirnya lolos masing-masing 1 putra dan 1 putri,” imbuhnya.

Ditambahkan Dwi, masa latihan pra diklat bagi anggota paskibraka terpilih selama sekitar 1 bulan. Sementara, masa karantina dan masuk diklat di Dodikjur Bela Negara selama 10 hari.

Dua anggota paskibraka Kabupaten Malang yang terpilih pada seleksi paskibraka provinsi Jawa Timur Tri Wahyu Utomo dari SMAN 1 Singosari dan Monica Dyah Ayu Anggraini, juga dari SMAN 1 Turen. [amn]


Beri Komentar
Berita Terkait