UMM Rilis Buku Syariah dan HAM Riset Pakar Internasional

MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meluncurkan buku berjudul ‘Sharia and Human Right,’ Sabtu (16/7/2022) lalu.

Buku ini adalah kumpulan hasil riset selama 11 tahun, tulisan sejumlah pakar dari berbagai belahan dunia, mulai dari Indonesia, Norwegia, Malaysia dan beberapa lainnya.

Lena Larsen dari University of Oslo, Norwegia mengatakan, buku ini merupakan hasil akhir dari proyek penelitian terkait keselarasan dan ketidaklarasan antara dua sistem di ranah moral, hukum, dan politik dunia. Yaitu syariah atau hukum Islam dan Hak Asasi Manusia.

Lena yang juga berkontribusi tulisan dalam buku tersebut, menilai bahwa karya ini dapat menjadi pondasi dan dasar untuk bahan mengajar. Tidak terbatas di UMM maupun Indonesia saja, tapi juga bisa melewati batas-batas negara.

“Saya sangat senang, menjadi bagian dalam proses penulisan hingga akhirnya menjadi sebuah buku. Saat saya mengunggah foto buku ini, banyak teman-teman dan peneliti dari Malaysia hingga Inggris yang tertarik untuk mendapatkannya,” akunya.

Hadir pula dalam launching buku tersebut, Nelly Van Door-Harder dari Wake Forest University USA dan Vrije Universiteit Amsterdam. Ia menilai isi dari buku itu sangat menarik, bahkan ada beberapa konten yang mirip dengan apa yang ia ajarkan di universitas.

Dikatakan, selama ini banyak yang menganggap Syariah sebagai hal yang brutal padahal mereka belum mempelajarinya. Maka, lanjutnya, buku ini menjadi salah satu jalan bagi masyarakat untuk lebih memahami Syariah dan HAM.

Nelly, sapaan akrabnya menegaskan bahwa buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi pemeluk Islam. Namun, bisa juga dibaca dan dipelajari oleh non muslim sehingga bisa saling mengerti dan meminimalisir kesalahpahaman.

“Setelah membaca buku ini, kita bisa lebih mengetahui Syariah dan HAM. Dengan begitu, kita bisa menciptakan harmoni di tengah masyarakat saat ini,” tegasnya.

 

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof. Dr Syamsul Arifin mengungkapkan, kini UMM bisa mengundang para pakar dan meluncurkan buku tersebut. Sebelum pandemi, lanjutnya, Kampus Putih UMM juga rutin menyelenggarakan agenda-agenda yang mengkaji HAM dan Syariah. [amn]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.