ads

Tingkatkan Pembelajaran, Guru MTsN 1 Diharuskan Hasilkan PTK

  • Save

Inspirasicendekia.com,┬áMALANG.KAB – Seperti tahun-tahun sebelumnya, MTs Negeri 1 Malang (MTsN Sepanjang Gondanglegi) mengawali tahun ajaran baru dengan kegiatan penguatan kompetensi pendidiknya. Kali ini, dilaksanakan adalah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dijadualkan selama Rabu-Kamis, 12-13 Juli 2017 ini.

Kegiatan PKB ini difokuskan pada materi assessment penyusunan penilitian tindakan kelas (PTK). Selama dua hari, sejumlah 60 guru MTsN 1 dan beberapa peserta dari KKM MTsN 1 bakal difasilitasi dalam kegiatan In Service Learning 1 dengan narasumber dari akademisi FMIPA UM.

Dalam kegiatan ini, setiap guru diharuskan menyusun proposal atau disain PTK. Selanjutnya, dilakukan presentasi PTK masing-masing perwakilan mapel. Dinamika kelompok pun begitu tampak dan interaktif selama sesi diskusi dan presentasi proposal PTK yang disusun guru.

Waka kurikulum MTsN 1, Saadi SPd mengungkapkan bahwa PTK sangat penting untuk mengidentifikasi kesulitan proses pembelajaran, juga permasalahan siswa-guru termasuk sarana pembelajaran. Hasilnya bisa sebagai umpan balik perbaikan peningkatan proses pembelajaran, sehingga hasil belajar menjadi baik pula.

Dikatakan, PTK sebagai hal penting dan juga dibutuhkan guru. Workshop tentang RPP sudah rutin diberikan dan sudah menjadi keharusan guru

“Esensi pembuatan PTK, tidak sebatas untuk memenuhi tuntutan kenaikan angka kredit. Namun, karena PTK memang sangat penting bagi peningakatan profesionalitas guru,” terang Saadi.

Selama kegiatan ini, peserta dipandu langsung DR Mundzil Arief MSi, akademisi FMIPA UM. Sebagai tindak lanjut, dijadualkan juga on-job learning dan in service lerning 2. Kegiatan on job learning dijadualkan selama sebulan dengan fokus pelaksanaan penelitian itu sendiri.

“Project PTK dibimbing by email oleh narasumber teknis. Saat inservice learning 2 lebih banyak pelaporan hasil penelitian. PTK guru sudah jadi diperkirakan pertengahan Agustus 2017 mendatang,” imbuh Saadi. [rul]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *