Tiga Ribu Atlet Mahasiswa Bersaing Rebut Medali POMNAS XVI/2019

inspirasicendekia.com, JAKARTA – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-16 digelar di Jakarta selama 19-26 September 2019. Penampilan 919 penari dan vokalis memeriahkan pembukaan ajang olahraga antarkampus se Indonesia ini.

Ajang POMNAS XVI Jakarta 2019 ini resmi dibuka di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GMSB), Kamis, 19 September 2019. Sekitar 7 (tujuh) ribu orang hadir saat pembukaan, yang mencakup 3.404 atlet dan 1.337 ofisial dari setiap provinsi di Indonesia serta supporter dari masyarakat umum.

“Selamat berkompetisi kepada para peserta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional yang ke-16 tahun 2019. Semoga pada POMNAS di tahun ini kemampuan mahasiswa di bidang olahraga dan kualitas pendidikan tinggi Indonesia dapat terus ditingkatkan,” kata Direktur Jenderal Kemahasiswaan dan Pembelajaran Ismunandar saat Pembukaan XVI/2019 di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Kamis (19/9) malam.

Dalam POMNAS ini, para mahasiswa yang menjadi atlet berkesempatan menjadi atlet yang akan dibina oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Selain itu, mereka akan diberi fasilitas mengunjungi seluruh tempat wisata di DKI Jakarta.

“Jangan sia-siakan kesempatan mengambil manfaat besar dari kegiatan ini. Mari terus bersama-sama membangun persatuan dan kesatuan. Negara besar yang kita cintai ini menantikan pengabdian berkualitas dari Saudara semua,” seru Dirjen Ismunandar kepada ratusan perwakilan atlet.

Sementara itu, Intan Ahmad, selaku koordinator pelaksana POMNAS XVI Jakarta 2019 mengungkapkan, atlet mahasiswa ini perlu mendapat dukungan lanjutan dari KONI, agar Indonesia memiliki atlet-atlet yang mampu memenangkan kompetisi olahraga internasional.

“Sejarah capaian prestasi olahraga Indonesia pada ASEAN Games 2018 lalu, Indonesia memperoleh 31 medali emas. Dan, 22 diantaranya diperoleh oleh para atlet mahasiswa. Ini suatu bukti nyata, kontribusi para pemuda dalam olahraga di Indonesia,” ungkap pria yang juga Ketua Umum Pengurus Besar POMNAS XVI Jakarta 2019 ini.

Panitia POMNAS kali ini menghadirkan 919 penari yang memamerkan tarian selamat datang dari berbagai provinsi. Jumlah 919 disesuaikan dengan tanggal pembukaan POMNAS, yaitu pada pukul 19.00 tanggal 19-9-2019.

Tarian selamat datang ini diiringi oleh orkestra dari UNJ yang memiliki 100 pemain musik dan paduan suara yang terdiri dari 60 vokalis. Pertunjukkan laser dan kembang api yang spektakuler juga menambah kemeriahan pembukaan POMNAS.

POMNAS XVI Jakarta 2019 akan diikuti oleh 34 provinsi dan melibatkan sekitar 3.404 atlet dan 1.337 ofisial. Para atlet akan bertanding memperebutkan 713 medali dari 199 nomor pada 19 cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain itu, akan dipertandingkan empat cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport. [min]

Berita Terkait