Siapkan Pembelajaran Digital, Guru SMAN 1 Kepanjen Workshop LMS

947

inspirasicendekia.com, MALANG – Tuntutan pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan perangkat digital direspon di SMAN 1 Kepanjen. Para guru SMAN ini dibekali workshop tentang Learning Management System (LMS), Sabtu (5/10/2019).

Pelatihan sehari ini difasilitasi tim narasumber dari Universitas Negeri Malang (UM). Aplikasi sistem pembelajaran yang digunakan adalah edmudo.

Workshop ini berlangsung di laboratorium komputer dan peserta harus mengakses internet untuk menggunakan sistem aplikasi pembelajaran yang bakal diterapkan. Misalnya, saat para guru ini memanfaatkan platform pemberian tugas kepada siswa secara online.

“Pada workshop ini, guru diperkuat dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk menerapkan Pembelajaran Abad 21. Materi pelajaran, tugas, dan penilaian semua nanti bisa dimunculkan lewat sistem pembelajaran berbasis komputer ini,” terang Kepala SMAN 1 Kepanjen, Sugeng Satrio Utomo MPd.

Dengan menerapkan sistem ini, proses dan output pembelajaran diharapkan juga bisa didapatkan di luar tatap muka di kelas. Termasuk wali siswa, akan bisa mengetahui tingkat motivasi siswa dalam memenuhi tugas dan kewajiban belajar yang diterima.

“Sistem pengelolaan pembelajaran berbasis digital ini, manfaatnya pengetahuan siswa bisa lebih meluas. Sedangkan, pemenuhan tugas bisa lebih tepat waktu,” jelas Sugeng.

Menurutnya, pelatihan yang diikuti para guru ini sekaligus meningkatkan kesiapan menghadapi sistem pembelajaran yang akan banyak diimpementasikan melalui rumahbelajar Kemendikbud.

Terpisah, Alfiananda Kurnia Putra, selaku fasilitator pelatihan mengungkapkan, pemanfaatan sistem pembelajaran berbasis IT bisa membantu para guru dalam proses pembelajaran dan penilaian.

“Tugas-tugas mandiri untuk ulangan atau kuis bisa lebih mudah diberikan. Hasilnya, bisa diketahui tidak hanya siswq, tetapi juga orang tuanya, dan bisa dikonversi langsung ke rapor secara online (e-raport),” demikian dosen Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UM ini. [min]


Beri Komentar
Berita Terkait