ads

Sasar Pemilih Pindahan, KPU Tambah Tempat Pemungutan Suara Pemilu 2019

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – KPU Kabupaten Malang memastikan bakal menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019. Ini setelah didapati adanya pemilih pindahan yang jumlahnya cukup signifikan.

Kepastian penambahan jumlah TPS ini ditegaskan ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) Tahap 1 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Senin (18/2/2019).

“Per hari ini, Senin (18/2/2019), ditetapkan penambahan TPS berbasis DPTb di 2 desa,” demikian Santoko, saat membacakan risalah berita acara hasil rapat pleno.

Kepada wartawan, Santoko menyebutkan, penambahan TPS ini berada di dua kecamatan, yakni Singosari dan Pakis. Di kedua wilayah ini, lanjutnya, memang didapati konsentrasi pemilih tambahan setelah penetapan DPT beberapa bulan lalu.

  • Save

“Kami masih membuka peluang bagi teman-teman PPK dan PPS untuk mengajukan tambahan TPS, jika memang ada konsentrasi pemilih tambahan di wilayahnya,” tegas Santoko.

Sementara itu, komisioner KPU divisi Data Sofi Rahma Dewi mengungkapkan, pemilih tambahan ini diantaranya berasal dari pemilih tetap yang pindah TPS atau daerah pemilihan dari luar dan masuk ke Kabupaten Malang.

“Jumlah pemilih pemilu yang ditetapkan, mencakup jumlah pemilih tambahan masuk dikurangi yang keluar,” katanya.

Ia lalu merinci, sejumlah 1.339 pemilih masuk, tersebar di 24 kecamatan di 81 desa/kelurahan dan tersebar di 271 TPS. Sedangkan, sejumlah 689 pemilih tetap keluar atau pindah pilih ke luar Kabupaten Malang. Mereka tersebar di 544 TPS, dan berasal dari 235 desa/kelurahan.

Penambahan TPS ini, kata Sofi Rahma, diantaranya karena ada konsentrasi pemilih yang ada di pondok pesantren, seperti di Pakis dan Kasembon, dan mahasiswa yang tinggal di asrama.

“Kami sudah melakukan sosialisasi dan bersurat resmi ke ponpes-ponpes, agar pemilih yang tidak bisa pulang kampung pada saat hari H (pemungutan suara), bisa mengurus A5, untuk pindah pilih di Kabupaten Malang,” terangnya. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *