Raih 3 Medali News Reading, SMK Mutu Pertahankan Tradisi Juara Nasional

838

inspirasicendekia.com, MALANG – Kemampuan berbahasa Inggris pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang, cukup teruji di ajang kompetisi nasional. Tiga medali juara didapatkan dari OlympicAD Nasional 2019 di Semarang, Senin (28/10) lalu.

Prestasi ini didapatkan setelah perlombaan yang sangat melelahkan, bersaing dengan total 174 peserta terbaik dari sejumlah sekolah di Indonesia. Tim News Reading SMK Mutu akhirnya berhasil membawa pulang 3 medali.

Medali juara yang didapatkan masing-masing 2 perak, oleh Sherlia Faramida dan Raden Qomarurizal, dan 1 perunggu oleh Salsabila Azzahra. Saat final, perebutan juara ini diikuti 30 peserta terbaik yang terjaring dari babak penyisihan sebelumnya.

SMK Mutu sebenarnya mengirimkan 9 peserta lomba News Reading. Yang lolos final 30 besar sejumlah 6 peserta, dan akhirnya bisa menyumbangkan tiga medali juara,” kata Rino Adi Angga, guru pembina tim News Reading SMK Mutu, Selasa (29/10).

Saat penyisihan, setiap peserta membaca teks berita layaknya news presenter, dengan waktu presentasi 60 detik. Sementara, saat penampilan final 30 besar, teks diberikan sehari sebelum final. Waktu penyampaian lebih panjang, yakni 3 menit sehingga finalis harus lebih berelaborasi.

“Item news saat final, kata-kata redaksional lebih sulit, namun materi tetap ringkas mencakup 5W 1H. Kemampuan pronounciation gak cukup, harus ada stressing pada angel berita. Ekspresi dan penyampaian juga harus lancar,” beber Rino Adi.

Dikatakan, penampilan Sherlia dan Raden memang sama-sama bagus terutama pada pronounciation dan ekspresinya. Ini karena keduanya memang sudah berpengalaman menjajal lomba serupa.

Sherlia Faramida misalnya, bahkan pernah juara storytelling National World Competition yang digelar AMINEF di Jakarta, 2017 lalu. Ia juga juara 1 ME Confest 2018 dan pernah juga juara 3 OlympicAD di Lampung dia tahun lalu.

Sementara, Salsabila Azzahra baru pertama kalinya pengalaman lomba karena masih duduk di bangku kelas X. Ia pun punya kesempatan lebih banyak, dan dinilai mampu dan potensi meraih prestasi ke depannya.

Raihan 3 medali ini meneguhkan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, yang selalu menjaga tradisi memperoleh medali dalam perlombaan News Reading di ajang nasional. [rul]

Berita Terkait