ads

Raih 2 Emas, SMK Sunan Ampel Satu-satunya Sekolah NU ke LKS SMK Nasional

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – “Dor… Dor…. Dor” Suara kembang api yang dilesatkan ke udara ini menandai pesta kemenangan di komplek SMK NU Sunan Ampel (SMK NUSA) Poncokusumo Kabupaten Malang, Rabu (9/6/2021) petang.

Riuh pesta singkat ini menyusul pengumuman hasil Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Jawa Timur 2021 sore itu. Di ajang ini, pelajar SMK Nusa Poncokusumo akhirnya berhasil meraih dua juara 1 sekaligus, masing-masing bidang lomba landscape and gardening dan asisten keperawatan.

Bagi SMK Sunan Ampel Poncokusumo, prestasi yang didapatkan ini begitu bermakna. Selain bisa mempertahankan sukses LKS SMK sebelumnya, tambahan tiket juara ke LKS tingkat nasional ini menjadikan SMK NUSA semakin dipercaya sebagai pencetak pelajar-pelajar unggul.

“Alhamdulillah, sangat membanggakan hasil perjuangan anak-anak. Terlebih, prestasi LKS SMK tahun ini menempatkan SMK kami menjadi satu-satunya SMK NU di Jawa Timur yang berprestasi hingga level LKS SMK nasional,” demikian Kepala SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo, Abdul Mujib Syadzili, Rabu (9/6).

Dikatakan, tahun ini siswanya mampu menunjukkan keunggulan kompetensinya, khusus bidang lomba lanskap dan pertamanan. Kompetensi ini memang menjadi ikon SMK yang masuk kelompok keahlian agribisnis dan teknologi pertanian ini.

Yang mengejutkan adalah, prestasi yang diraih dari bidang lomba keperawatan. Karuan saja, program keahlian ini termasuk masih baru, tepatnya dibuka sejak empat tahun terakhir.

“Pembelajaran yang baik yang kami lakukan memang menjadi daya dukung kesuksesan ini. Ditambah modal ketekunan dan disiplin yang terus kami tekankan pada siswa-siswi di sini,” jelas Gus Mujib tak menyebunyikan rasa harunya.

Yang menjadi tantangan ke depan, lanjutnya, adalah mengulang prestasi juara LKS SMK nasional seperti 2016 lalu untuk bidang lomba pertamanan. Sekaligus, diharapkan meraih juara untuk keperawatan sebagai pendatang baru.

“Kompetensi keahlian siswa kami terbukti tidak kalah dari SMK lain yabf besar. Tentu akan lebih dipersiapkan lagi karena yang akan dihadapi pada LKS SMK nasional nati jauh lebih berat,” tegas Gus Mujib.

SMK NU Sunan Ampel sendiri memilki enam program keahlian. Yakni, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Keperawatan, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, serta Teknik Komputer dan Jaringan. [amn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *