PUBG Batasi Waktu Main 6 Jam per Hari

230

inspirasicendekia.com, MALANG – Pemerintah India mengecam pengembang game PUBG agar membuat fitur khusus untuk mengurangi angka kecanduan game bergenre battle royal tersebut.

Tak mau kehilangan penggunanya, Tencent, selaku pengembang dan pemilik PUBG Mobile mengambil langkah cepat dengan merilis sebuah fitur yang membatasi waktu bermain.

Fitur ini diketahui telah mulai diuji coba sejak 21 Maret lalu di India. Ketika pengguna telah bermain melebihi 6 jam per hari akan muncul peringatan terkait waktu bermain saat melakukan proses login. Jika pemain sudah melewati batas waktu tersebut, ia baru bisa kembali melakukan login di hari berikutnya.

Menurut pihak Tencent, fitur ini memang sengaja dibuat agar PUBG Mobile tetap dapat dimainkan secara sehat dan bertanggung jawab. Tencent pun mengakui bahwa fitur ini dirilis karena adanya wacana pemblokiran PUBG Mobile di India.

Di Indonesia sendiri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah mengkaji usulan masyarakat terkait fatwa game PUBG. Sejumlah masyarakat menilai ada unsur radikalisme yang dimainkan dalam game ini.

Game PUBG menuai kontroversi setelah masyarakat menilai permainan tersebut dapat memicu radikalisme karena mempraktikkan peperangan dan pembunuhan. Permainan bergenre battle royale itu disebut mirip dengan aksi pelaku penembakan di masjid di Christchurch, Selandia Baru.

So, apakah Indonesia juga akan menerapkan fitur pembatasan waktu bermain game PUBG tersebut? (*)

Berita Terkait