Peluang Kerja Lebih Terjamin, SMKN 1 Kepanjen Perbanyak Kelas Industri

0 237

Inspirasicendekia.com, MALANG – Upaya prospektif dilakukan pihak SMK Negeri 1 Kepanjen dalam mengembangkan pendidikan vokasinya. Agar peluang keterserapan lebih terjamin, SMKN 1 ini banyak membuka kelas khusus dengan dunia industri.

Wakil manajemen (MR) SMK Negeri 1 Kepanjen Sugandi mengungkapkan, sejumlah fasilitas penunjang kompetensi keahlian diresmikan tahun ini. Diantaranya, aula indoor, bengkel IT Smart dan beberapa kelas Industri.

“Kelas industri orientasinya memang lebih menjamin penyaluran kerja. Dengan bekerja sama industri, anak-anak akan memenuhi standar kerja sesuai industri tersebut,” ungkap Sugandi.

Dikatakan, yang dilaunching tahun ini adalah kelas industri dalam satu wadah Industrial Learning Center (ILC). Sementara, lanjutnya, ada TKR Class untuk industri Alat Berat. Jadi, harapannya lulusan bisa tersalur di semua industri alat berat di Indonesia.

Rencananya, lanjut Sugandi, SMKN 1 Kepanjen akan terus menambah kelas-kelas khusus yang bekerja sama langsung dengan dunia usaha dan industri (DUDI). Dalam satu program keahlian, bisa jadi dibuka lebih dari satu kelas industri.

“Dalam waktu enam bulan ke depan, insya Allah akan dikembang lagi beberapa kelas khusus seperti kelas industri,” tegasnya.

Kelas industri yang sudah dirintis diantarnya dengan Electrolux dan PT Sharp untuk keahlian teknik elektronika industri (EI). Nantinya, ada MoU dengan PT Mitsubishi Motor untuk kelas industri TKR, dan dengan PT Indosat untuk TKJ.

Selain melaunching ILC untuk kelas industri, hari ini SMKN 1 Kepanjen juga melaunching teaching factory untuk teknik sepeda motor. Teaching factory ini pengembangan dari kelas industri Yamaha yang sudah dijalankan beberapa tahun sebelumnya.

“Teaching factory sepeda motor ini tidak hanya untuk latihan praktik siswa, melainkan juga bisa melayani sebagai UPJ (unit pelayanan jasa) bagi luar sekolah,” terang Sugandi.

Setidaknya, ada 15 perusahaan yang memastikan kerja sama sebagai mitra DUDI dalam acara MoU yang dilakukan di SMKN 1 Kepanjen hari ini, Sabtu (9/2/2019). Diantaranya, PT SUN Star Motors, PT Indomarco Prismatama, Electrolux Authorized Malang, dan Singhasari Resort Hotel. [amn]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.