ads

Olimpiade MIPA SD, Uji Kemampuan Eksplorasi Sains Pelajar

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 132 pelajar SD se Kabupaten Malang diuji kemampuan akademiknya di bidang sains, Senin (11/3/2019). Para pelajar pilihan di bidang Matematika dan IPA ini harus bersaing menjadi terbaik di ajang Olimpiade MIPA SD ini.

Olimpiade Sains dilakukan dalam bentuk tes tulis yang harus diikuti semua peserta dan dipusatkan di SDN Kepanjen 02. Mereka dibagi enam ruang ujian dan diawasi dua juri untuk tiap ruangnya.

“Tes tulis olimpiade semua mapel dibagi pilihan ganda, isian dan uraian. Tetapi bobot soal kami tentukan dengan tingkat kesukaran sedikit lebih rendah,” kata Joko Priyono, ketua II Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KPPS) SD Kabupaten Malang, Senin (11/3/2019) siang.

Sejumlah butir soal harus diselesaikan setiap peserta. Rinciannya, untuk Matematika berisi 40 soal pilihan ganda, isian (15), dan uraian (5 soal). Sedangkan, soal mapel IPA berisi pilihan ganda (35), isian (10), dan uraian (5 soal).

“Hasilnya, dari enam besar terbaik olimpiade sains tiap mapel, peserta hampir bisa mencapai skor 60. Satu peserta bahkan mendapatkan skor 68 lebih,” imbuh Joko.

Kemampuan eksplorasi siswa diuji lagi saat babak 6 besar. Tes tulis eksplorasi bagi mapel Matematika selama 60 menit. Sedangkan, tes praktik bagi peserta IPA yang terdiri dari mapel Biologi dan Fisika. [rul]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.