Lombakan Siswa Berprestasi, Dindik Gali Talenta Pelajar SMP Berpotensi

555

inspirasicendekia.com, MALANG – Ajang Lomba Siswa Berprestasi (LSB) SMP kembali digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Rabu (31/7/2019). Puluhan pelajar diuji kemampuan akademik dan bakat terbaiknya di ajang ini.

Sejumlah 75 siswa berbakat bersaing menjadi peserta LSB SMP 2019 yang digelar di SMPN 1 Gondanglegi ini. Yakni, 65 peserta dari SMP negeri dan 10 siswa SMP swasta. Lomba ini menjaring 20 peserta terbaik yang akan menjadi finalis nantinya.

“Lomba siswa berprestasi ini diikuti pelajar yang tidak hanya pandai di kemampuan akademik, namun juga bagus (berbakat) nonakademiknya,” demikian Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Puji Hariwati MPd.

Dikatakan, seleksi calon siswa berprestasi diawali dengan penilaian portofolio oleh tim pengawas dan MGMP SMP. Semua peserta lomba kemudian harus mengikuti tes tulis potensi akademiknya.

Materi soal tes mencakup empat bidang studi dan berisi 80 butir soal pilihan jamak. Soal tes harus diselesaikan peserta dalam waktu 120 menit.

“Saat final, 20 finalis ini harus melakukan presentasi dan unjuk karya. Tiga aspek yang dinilai adalah presentasinya finalis, lalu membuat prakarya apa dan unjuk penampilan bakat seni yang dimiliki,” beber Puji.

Ia menegaskan, dengan lomba semacam ini diharapkan timbuh anak didik berkarakter sesuai tujuan pendidikan nasional.

“Siswa diharapkan berkarakter, tidak hanya pandai, tetapi juga terampil dan berbudi pekerti luhur. Anak-anak dengan karakter seperti ini lah yang nantinya akan berkembang di masa depan,” demikian Puji Hariwati.

Hasil penyisihan lomba Siswa Berprestasi ini, didapati siswa SMPN 2 Wagir mendapatkan gabungan skor portofolio dan tes tertinggi, yakni 391,50. Peringkat kedua adalah siswa SMPN 2 Sumberpucung dengan skor 347,19.

Empat siswa SMP swasta juga masuk nominasi 20 finalis. Yakni, dari SMP Jendral Sudirman Kalipare, SMP Moderen AlRifai Gondanglegi, SMP Arrohmah Putri, dan SMP Islam Terpadu Pakis. [min]

Berita Terkait