Lolos Olimpiade Enam Mapel, 8 Siswa SMAN 1 Kepanjen Melaju OSN Jatim

201

inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 8 (delapan) siswa SMAN 1 Kepanjen dipastikan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Jawa Timur April mendatang. Ini setelah mereka menduduki peringkat nilai tertinggi hasil olimpiade sains Kabupaten Malang belum lama ini.

Para siswa terbaik OSN Kabupaten Malang ini tersebar di enam mapel, yakni Matematika, Fisika, Kebumian, Astronomi, Geografi, dan Teknologi Komputer.

“Siswa kami lolos di enam mapel, dan yang lepas Biologi, Kimia, dan Geografi. Diluar dugaan, peserta mapel Matematika bisa lolos tahun ini. Sebelumnya tak pernah berhasil,” kata Hari Kusrini SPd MM, koordinator OSN SMAN 1 Kepanjen, Senin (25/3/2019) siang.

Meski belum semua mapel diraih terbaik, menurutnya hasil untuk OSN untuk ke tingkat Jatim ini memuaskan. Terlebih, pada OSN tahun sebelumnya hanya enam siswa SMAN 1 Kepanjen yang berhasil ke tingkat provinsi.

“Siswa Smaneka langganan juara OSM mapel Kebumian dan Ekonomi. Yang pernah sampai OSN Nasional adalah mapel Ekonomi dan Geografi,” imbuhnya.

Dikatakan Kusrini, dari skor hasil OSN Kabupaten Malang lalu, beberapa mapel mendekati skor passing grade. Seperti mapel Ekonomi dan Fisika yang bahkan mendekati peringkat juara 1.

Agar bisa mengulang sukses lolos OSN provinsi hingga nasional nantinya, pembinaan intensif dalam karantina harus dilakukan.

“Karantina dilakukan dua pekan lebih, sehingga siswa harus bisa membagi waktu. Pembinaan awal rutin mulai sudah dimulai sejak Agustus 2018 lalu sepekan sekali,” ungkap guru mapel Ekonomi ini.

Jadual OSN provinsi Jatim sendiri akan digelar 9 sampai 11 April 2019 mendatang. Menurutnya, persiapan mestinya lebih bagus karena masa karantina juga bisa lebih panjang.

“Pembinaan khusus dari pembina eksternal, seperti dosen dan mantan juara OSN nasional diberikan selama masa isolasi. Ini akan terus berlanjut dilakukan sampai siswa melaju OSN nasional,” demikian kepala SMAN 1 Kepanjen, Sugeng Satrio Utomo MPd. [rul]


Beri Komentar

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait