Lolos 8 Bidang Lomba, SMK Mutu Rebut Tiket LKS SMK Jatim 2020

Inspirasicendekia.com, MALANG – Ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jawa Tim Wilayah Kerja 3, resmi ditutup, Kamis (12/12/2019) malam. Panggung yang berada di aula SMKN 3 Boyolangu Tulungagung, menjadi pusat pamer prestasi yang diraih selama ajang LKS SMK ini.

Aura kebanggaan dan sorak rasa senang muncul, ketika satu persatu peserta terbaik 5 besar masing-masing bidang lomba disebut pembawa acara saat pengumuman hasil lomba.

SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang misalnya, termasuk paling sering disebut saat pengumuman. Terhitung delapan kali, siswa SMK Mutu naik ke panggung untuk mengambil piagam dan tropi penghargaan. Hasil juara terbaik ini sekaligus menjadi tiket untuk LKS tingkat Jawa Timur mendatang.

“Kami berangkat dengan semangat dan optimis, berbekal setidaknya dua bulan waktu pemantapan siswa dengan penambahan waktu belajar, menjadikan anak anak sangat siap dalam LKS Wilker 3 tahun ini,” kata Munali, koordinator LKS dari SMK Mutu, terkait hasil yang diperoleh timnya.

Hasil 5 besar pada delapan bidang lomba yang diraih SMK Mutu adalah Pharmacy, Health and Social Care, Cooking, Restoran Service, Billingual Secretary, Perbankan Syariah, dan listrik. Satu bidang lomba lain, autobody repair, hasilnya masih menyusul, karena masih akan kembali berkompetisi bersama perwakilan antar-Wilker SMK di Jawa Timur.

Munali berharap, SMK Muhammadiyah 7 dapat meraih prestasi lebih tinggi nantinya. Terlebih, dengan dukungan laboratorium dan bengkel representatif yang dimilki, SMK Mutu sebagai Sekolah Revitalisasi, diharapkan dapat meraih juara ajang serupa tingkat Jatim yang akan dilaksanakan bulan Januari 2020 mendatang.

Salah satu peserta dari Jurusan Jasa Boga, Octavia Indah, merupakan peraih 5 terbaik LKS SMK ini. Saat lomba cooking, siswi kelas XII Jasa Boga ini harus mengolah bahan mentah menjadi sajian makanan tradisional Indonesia dan masakan intercontinental, sesuai soal yang diberikan oleh juri. Jenis menu masakan ini sesuai yang sering digunakan di hotel untuk para tamu.

“Setiap kali praktek memang selalu berbeda menu yang diolah. Jadi, siswa selalu ada kesempatan berkreasi untuk segala jenis makanan”, kata pembimbing Cooking, Fitria Risky.

Menariknya, bidang keahlian Jasa Boga SMK Mutu ini, merupakan kompetensi yang masih baru kali pertama mengikuti ajang LKS, sehingga masih banyak pengalaman yang harus didapatkan untuk LKS di tingkat yang selanjutnya.

LKS SMK 2019 Wilker 3 sendiri diikuti 589 peserta dari 156 SMK, yang berasal dari Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Blitar, Kediri dan Tulungagung. [min]

Berita Terkait