LKS SMK 2019, Siswa Terbaik Tiga Daerah Bersaing Tiket Wakili Jatim

Inspirasicendekia.com, MALANG – Ratusan pelajar SMK dari tiga daerah di Malang Raya diuji kemampuannya di sejumlah bidang keahlian pekan ini. Mereka bersaing menjadi yang terbaik di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Wilayah Kerja III 2019.

Hari ini, Kamis (17/1), dari peserta yang ada, ditetapkan sebagai lima besar nominator terbaik untuk semua bidang lomba. Nominator terpilih, selanjutnya berkesempatan mengikuti ajang serupa di LKS SMK Jawa Timur 2019 mendatang.

Ajang LKS SMK Wilayah III ini dipusatkan di Kota Malang selama 14 sampai 17 Januari 2019. Setidaknya, ada 23 bidang keahlian yang dilombakan yang dikelompokkan menjadi kategori dan spektrum masing-masing. Jumlah pesertanya mencapai 581 untuk semua bidang lomba.

Namun, untuk nominasi bidang lomba pada LKS SMK Jatim nantinya, hanya 19 bidang keahlian.

LKS SMK 2019, Siswa Terbaik Tiga Daerah Bersaing Tiket Wakili Jatim

Persaingan di ajang kompetensi bergengsi antarpelajar SMK ini cukup ketat, terutama di sejumlah bidang lomba. Ini karena minat peserta lebih banyak tahun ini dibanding ajang LKS sebelumnya.

SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi misalnya, mengikutsertakan siswa-siswi terbaiknya pada 12 bidang lomba. Diantaranya, keahlian perbankan, farmasi, automotive mobil, kelistrikan, dan keperawatan.

“Kami mengikuti 12 bidang keahlian lomba LKS SMK kali ini. Khusus perbankan, ini kali pertama diikuti dan dilombakan dalam LKS, dan yang mempelopori MGMP Perbankan Jatim,” kata Virdina, guru pendamping dari SMK Mutu Gondanglegi, Rabu (16/1) siang.

Selain itu, siswa SMK Mutu juga menjajal kompetensi bidang las (welding), web design, disain grafis, bilingual secretary, dan autobody repair.

“Sementara, peserta yang berhasil masuk nominator lima besar yang lanjut LKS SMK Jatim adalah dari bidang keahlian perbankan dan keperawatan,” kata Imawati, koordinator pendamping dari SMK Mutu. [rul]

Berita Terkait