ads

Lebih Unggul, Kadindik Jatim Minta SMK COE Bisa Fasilitasi SMK Lain

  • Save

inspirasicendekia.com, MALANG – Program SMK Center of Excellence (SMK COE) menjadi pendorong bagi munculnya berbagai keunggulan dan daya saing SMK-SMK. Keberadaan SMK COE diharapkan bisa menjadi rujukan dan fasilitasi bagi SMK lain di sekitarnya.

Peran penting ini seperti ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi, dalam kesempatan peresmian SMK penerima bantuan program SMK COE Kemendikbud 2020 di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang, Rabu (7/4/2021).

“SMK Center of Excellence itu SMK terbaik, dipilih karena telah mampu membangun jaringan dan hubungan kuat dengan dunia usaha dan industri. Jumlahnya memang belum banyak, karena itu fasilitas dan (keunggulan) apa yang dimiliki bisa dimanfaatkan sekolah lainnya,” kata Kadindik Jawa Timur, Wahid Wahyudi, Rabu (7/4) sore.

Kriteria lainnya, lanjut Wahyudi, adalah SMK besar dengan jumlah siswa sangat banyak. Juga, memiliki serapan lulusan bagus yang mendapatkan pekerjaan dimana-mana, bahkan mampu bersaing bekerja di perusahaan nasional dan internasional.

Dalam kesempatan itu, berulang kali kadindik Jatim juga menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya pada SMK-SMK COE.  Dalam kunjungan ke beberapa SMK, ia mengaku terkesan dengan fasilitas dan inovasi keunggulan yang sudah dilakukan SMK COE.

Mantan Kadishub Jatim ini juga berpesan, agar tata kelola pendidikan di SMK COE lebih cakap dan progresif. Ditegaskan, kepala SMK COE dituntut ber-mindset seperti halnya seorang CEO (chief of executive) perusahaan. Jadi, mampu manajemen secara profesional, efektif dan membangun jejaring yang yang luas.

“Selain bisa tata kelola profesional, kepala SMK juga dituntut bisa mengembangkan pendidikan dari tahun ke tahun. Terpenting juga, memastikan kerja sama link and match kuat dengan banyak dunia usaha dan industri di masa kini,” tegas kadindik Wahyudi.

Tercatat, sejumlah 496 SMK di Indonesia ditetapkan sebagai SMK COE yang merupakan program unggulan Direktorat SMK Kemendikbud RI. Tercatat, sejumlah 90 SMK dari 2 ribuan SMK se Jawa Timur yang menjadi SMK COE ini.

Di Kabupaten Malang sendiri, hanya ada 10 (sepuluh) SMK penerima program SMK COE ini. Yakni, SMK MUTU, SMK Muhammadiyah 1 dan 5 Kepanjen, SMK Muhammadiyah 3 Singosari, SMK Suna Ampel Poncokusumo, SMK NU Miftahul Huda Kepanjen, SMK Graha Madina Singosari, SMK Diponegoro Tumpang, SMK Assalam Bantur, dan satu-satunya SMK Negeri, yakni SMKN 1 Singosari. [min]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *