ads

Konsisten Fasilitasi Akademik dan Bakat Siswa, MAN 1 Malang Targetkan Prestasi Unggul

Kepala MAN 1 Malang, Dr Khairul Anam, MAg.

MALANG – Kemampuan akademik dan bakat keterampilan siswa menjadi layanan pendidikan prioritas di MAN 1 Malang (Mandagi). Dengan konsisten memfasilitasi keduanya, banyak prestasi kejuaraan bisa terlahir dari kemampuan terbaik pelajar setempat.

Karuan saja, sepanjang 2020-2021 lalu, puluhan penghargaan berhasil diraih, dan menjadi kebanggaan MAN 1 Malang. Prestasi yang diraih ini pun banyak yang dari kejuaraan tingkat nasional.

Kepala MAN 1 Malang, Dr Khairul Anam MAg menegaskan, fasilitasi layanan bagi siswa akan tetap ditingkatkan tahun ini. Meski, lanjutnya, penyelenggaraan pembelajaran dihadapkan tantangan lebih sulit, karena situasi pandemi dua tahun terakhir.

“Program layanan unggulan bagi siswa tetap dijalankan, seperti vokasi, riset (karya ilmiah), juga SKS (Sistem Kredit Semester). Nah, guru harus bisa melayani kebutuhan siswa terkait itu, dengan penyesuaian kompetensi teknologi,” jelas Khairul Anam, Ahad (23/1/2022) siang.

Terkait itu pula, lanjutnya, ke depan banyak tantangan dan kesiapan yang harus diperhatikan guru. Seperti pemanfaatan teknologi penunjang pembelajaran, juga perubahan kurikulum dan pilihan model-model layanan pembelajaran terbaik dan sesuai kebutuhan kekinian siswa.

Penyesuaian dan kesiapan guru yang dimaksud Anam, adalah memastikan bagaimana kegiatan belajar mengajar langsung atau secara daring, bisa berjalan dengan baik.

“Fasilitasi dan pelayanan secara konsisten ini pula yang diharapkan bisa mengantarkan siswa MAN 1 Malang melanjutkan keunggulan prestasinya, hingga memasuki kuliah di perguruan tinggi,” tandas Anam.

Tercatat, prestasi akademik dari kompetisi dan olimpiade mapel, merupakan yang paling banyak diraih pelajar MAN 1 Malang. Diantaranya, medali emas untuk olimpiade mapel Fisika, Kimia dan Biologi.

Di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2020 lalu, pelajar MAN 1 Malang juga memborong juara 1. Dengan hasil ini, MAN 1 Malang juga ditetapkan sebagai juara umum KSM Nasional tingkat Kabupaten Malang di tahun tersebut.

Sementara, bidang keterampilan lainnya banyak diperoleh dari bidang MTQ, seni kaligrafi dan poster. Setidaknya, 8 prestasi juara diperoleh dari lomba MTQ yang digelar sejumlah kampus, sebagian besar sebagai juara 1 tingkat nasional.

Mutu lulusan juga menjadi indikator peningkatan kualitas madrasah. Pada 2020/2021, 98 siswa/siswi MAN 1 Malang berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Rinciannya, diterima di PTN jalur SNMPTN (26 siswa), jalur SPAN PTKIN (13 siswa), jalur PMDP Polkesma (6 siswa), jalur SBMPTN (40 siswa), dan PTN jalur UMPTKIN (13 siswa). [adv/rul]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.