Program Madrasah Reform, Kembangkan Kompetensi Guru dan Mutu Madrasah

MALANG – Pembelajaran di madrasah punya peluang lebih terangkat melalui program madrasah reform Kementerian Agama (Kemenag). Dari program ini, diharapkan mutu pendidikan madrasah bisa semakin ditingkatkan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang, H Mustain mengungkapkan, madrasah reform merupakan program pengembangan madrasah yang didanai pinjaman luar negeri (loan). Program langsung dari Kemenag pusat dan sudah diawali sejak 2021 lalu.

“Penekanannya lebih pada meningkatkan kompetensi guru, termasuk manajerial kepala madrasah dan supervisi pengawas. Tahun ini, masih dilanjutkan dengan prioritas dan sasaran yang sama,” kata Mustain.

Dijelaskan, pendidikan di madrasah juga tengah dihadapkan pada berbagai tantangan seperti halnya di lingkup Kemendikbud ristek. Seperti, program sekolah penggerak, penguatan literasi-numerasi, hingga digitalisasi sekolah.

“Prinsipnya, pendidikan madrasah juga bisa menseimbangkan (kompetensi) itu. Jadi, madrasah juga harus bisa lebih terangkat mutunya dan kompetitif (unggul),” tandasnya.

Karena kesempatan program ini bertahap, lanjut Mustain, maka ia berharap tetap ada pengimbasan lebih luas guru peserta program ini kepada para pendidik lainnya.

Terlebih, menurutnya program madrasah reform merupakan kesempatan yang baik bagi guru madrasah. Selain peningkatan kompetensi profesional, kemanfaatan dari perkembangan teknologi pembelajaran juga banyak didapatkan melalui program tersebut. [min]

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.