ads

Kondisi Geografis Wilayah Pinggiran Sumbang Rendahnya Partisipasi Pemilu

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – KPU Kabupaten Malang berharap ada kenaikan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Pemilih di wilayah pinggiran rentan berpengaruh signifikan terhadap masih rendahnya partisipasi pemilu.

“Sejumlah wilayah pinggiran lintas selatan Kabupaten Malang menjadi penyumbang turunnya partisipasi pemilu. Kondisi geografis dimana pemukiman warga jauh dengan lokasi TPS, rentan menyebabkan partipasi rendah,” kata Ahmad Taufiq, komisioner KPU Kabupaten Malang, Sabtu (27/1/2019).

Selain jauh dari TPS, lanjutnya, saat hari pemungutan suara juga ditengarai pemilih di daerah pinggiran ini tidak berada di tempatnya bermukim, karena banyak bekerja di sektor informal.

Dikatakan, potensi partisipasi rendah pemilu 2019 di wilayah pinggiran ini harus diantisipasi. Salah satunya, KPU memperbanyak sosialisasi dan pendidikan pemilih dan memberdayakan peran relawan demokrasi yang ada.

“Di wilayah pinggiran ini, terdapat segmentasi dan basis pemilih yang telah ditetapkan sebagai sasaran. Misalnya, basis keluarga, pemilih pemula, muda, kelompok agamawan, kaum marginal, difabel, perempuan dan komunitas,” imbuh Taufiq.

Menurunya, dibanding pemilu 2014 dan pilbup 2015, angka partisipasi pilkada pada 2018 lalu terjadi penurunan, yakni pada kisaran 58,63 persen.

  • Save

“Pada pemilu 2019 ini, kami berharap partisipasi pemilih naik, menjadi antara 71 sampai 75 persen,” tegas Taufiq.

Tercatat, jumlah pemilih pemilu 2019 di Kabupaten yang sudah ditetapkan dalam DPT sejumlah 1.996.857 orang, dengan rincian 996.251 pemilih laki-laki dan 1.000.606 pemilih perempuan. Sejumlah 2.595 orang atau 0,13 persennya merupakan pemilih disabilitas.

Dari jumlah pemilih tetap ini, sejumlah 284.638 pemilih terdapat di dapil 3 yang mencakup kecamatan Donomulyo, Pagak, Bantur, Gedangan dan Sumbermanjing Wetan. Sejumlah 287.973 pemilih tersebar di dapil 5 yang mencakup Kasembon, Ngantang dan Pujon. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *