Kerukunan Ummat untuk Kemajuan Bangsa, Kemenag Berperan Strategis

inspirasicendekia.com, MALANG – Ribuan peserta mengikuti apel peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-74 tahun 2020, di areal parkir Stadion Kanjuruhan, Jumat (3/1/2019). Kemenag diharapkan menjadi bagian penting bagi kemajuan bangsa melalui kerukunan ummat.

‘Ummat Rukun, Indonesia Maju’ menjadi tema HAB Kemenag tahun 2020 ini. Apel peringatan ini dihadiri Bupati Malang M Sanusi yang juga menjadi Inspektur Upacara. Turut mendampingi juga anggota DPR RI Ali Ahmad, dan sejumlah pejabat Forkompimda Kabupaten Malang.

Peringatan HAB Kemenag ke-74 Kabupaten Malang ini dimeriahkan atraksi Tari Khatulistiwa dan Tari Sufi. Sejumlah penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya juga diberikan langsung Bupati Malang M Sanusi, kepada 41 ASN dan beberapa prestasi lainnya.

Penghargaan lain yang diserahkan bupati Malang, diantaranya juara 1 lomba lingkungan bersih dan sehat kepada MTsN 4 Malang, Helpdesk terbaik Kemenag RI kepada guru MTsN 2, dan juara umum lomba RA Go Green IGRA kepada RA Nurusy Syamsi Turen.

“Kerukunan itu kuncinya saling menghormati dan menghargai. Dan Kemenag memiliki peran strategis dalam pembinaan dan pendidikan, untuk mengedukasi semua peluk agama untuk bisa hidup berdampingan, rukun dan damai,” kata Bupati Malang, M Sanusi, usai upacara, Jumat (3/1) pagi.

Dikatakan, dengan hidup rukun dan bergotong royong, diharapkan bangsa dan negara semakin maju. Sebaliknya, lanjut Sanusi, jika ada perbedaan dan gesekan, bahkan kerusuhan, maka akan menghambat upaya pembangunan yang dilakukan.

“Perlu terus ditingkatkan juga sinergitas antar pimpinan dan tokoh, sertu seluruh elemen masyarakat, untuk terus mewujudkan kerukunan bersama,” tegasnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang H Musta’in mengungkapkan, kerukunan ummat memang harus tetap dipertahankan melalui representasi Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB).

Menurutnya, ini biasa dilakukan dengan bersinergi bersama berbagai pihak terkait. Tak terkecuali, lanjutnya, dengan organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan.

Pada peringatan HAB Kemenag Kabupaten Malang ke-74 ini, bupati Malang juga secara khusus memberikan hadiah satu unit sepeda motor kepada guru. Hadiah umroh gratis juga diberikan kepada peserta apel melalui pengundian kupon. [min]

Berita Terkait