Kabupaten Malang Pilot Project Pendidikan Parenting

Kabupaten Malang Pilot Project Pendidikan Parenting

Program pendidikan parenting atau keayahbundaan resmi direalisasikan mulai tahun mendatang. Program nasional ini tengah diujicobakan di beberapa daerah seluruh Indonesia sebagai t project pendidikan parenting.

Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah pilot project program pendidikan parenting yang dicanangkan Kemdikbud RI tersebut. Rencananya, pada 11 November mendatang, launching dan sosialisasi pendidikan parenting akan digelar pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Malang di aula Bojana Puri, Kepanjen.

Kadindik Kabupaten Malang melalui kasi Dikmas dan PAUD bidang PNFI Dindik setempat Cahya Yunisar P mengungkapkan, sosialisasi pendidikan parenting akan diberikan kepada setidaknya 3.089 kepala sekolah, mulai jenjang pra-sekolah (Paud dan TK), hingga jenjang SD/SMP dan SMA/SMK se Kabupaten Malang. Sosialisasi ini akan dilakukan secara bergelombang dan direncanakan berakhir hingga 4 Januari 2016 mendatang.

“Sosialisasi pendidikan parenting dibagi menjadi setidaknya 15 gelombang yang diikuti setidaknya 200 peserta tiap gelombang.  Anggaran sosilisasi pendidikan parenting ini mencapai Rp 2 miliar,” demikian Cahya Yunisar.

Ditambahkan, sejumlah Iima lembaga sekolah sudah ditetapkan menjadi pilot project pendidikan parenting. Diantaranya, SMK Brantas Sumberpucung, SDN Kepanjen 02, SMPN 3 Kepanjen, TK Dharma Wanita Curungrejo, dan SMA Islam Kepanjen. Lima sekolah percontohan ini mendapatkan bantuan 1 set komputer dan kamera digital.

“Nantinya semua kegiatan parenting yang dijalankan harus didokumentasikan. Selanjutnya, akan dipilih dan diupload ke server pusat situs pendidikn keluarga Kemdkbud untuk menjadi percontohan,” imbuhnya.

Cahya Yunisar menambahkan, pendidikan parenting ini merupakan program Direktorat Pendidikan Keluarga di bawah Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal Kemdikbud RI. Sejumlah 5 ribu lembaga sekolah se Indonesia menjadi sasaran pilot project pendidikan keayahbundaan ini. Di Jawa Timur, pilot project pendidikan parenting ditetapkan di 5 kabupaten/kota. Selain Kabupaten Malang, juga diterapkan di Kabupaten Kediri, Banyuwangi, Sumenep, dan Kota Surabaya. (rul)

Sebarkan berita:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *