ads

Berbekal Laptop Pinjaman, Aditya Rio Wibowo Raih Emas OSN

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Siswa SMPN 1 Turen Kabupaten Malang, Aditya Rio Wibowo, patut dibanggakan. Ia berhasil menyabet medali emas dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) di Kota Padang, Sumatera Barat dan mengharumkan Kabupaten Malang di kancah nasional.

Prestasi membanggakan ini diraih berkat keras dan ketekunan Aditya Rio dalam belajar dan berlatih mengasah kemampuannya menyelesaikan soal-soal mapel IPS. Dikatakan Abdul Waris Suwarno, guru pembina mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMPN 1 Turen, anak didiknya memang mempunyai kelebihan dalam memahami dan tanggap soal mapel IPS dibandingkan teman yang lainnya.

“Sejak awal Adit sangat berbeda dibanding temannya yang lain. Dalam memahami mapel IPS sangat cepat dan bisa dibilang gila dalam membaca materi pelajaran,” ujarnya Abdul Waris.

Sebelum bersaing di OSN tingkat Nasional, Aditya sudah melalui tahapan seleksi Kabupaten sampai provinsi dan lolos, sehingga mewakili Jawa Timur. Dan bekal laptop pinjaman sangat membantu siswa ini selama masa karantina menjelang OSN di Padang.

Selama persiapan bersaing di OSN di Padang, lanjutnya, pihak SMPN 1 Turen meminjamkan laptop untuk memudahkannya dalam belajar. Agar hasilnya maksimal, dilakukan karantina serius dengan metode pembinaan dan latihan yang lebih intensif. Materi yang diberikan  menjelang OSN di Padang mencakup pelajaran geografi, ekonomi, sejarah dan sosialogi.

Aditya Rio Wibowo sendiri mengaku, selama bulan puasa ia belajar setiap hati sebelum berbuka puasa dan memanfaatkan laptop yang dipinjamkan untuk dirinya.

“Saya menunggu waktu buka puasa sambil belajar,” katanya.

Saat OSN, ia mengaku mengalami kesulitan soal perpajakan dari soal pilihan ganda 40, dan hubungan antarkonsep sejumlah 20 soal. Selain itu, lanjut Aditya, ada dua hari test teori serta mengamati video tentang pasar apung Banjarmasin.

Hadi Wibowo, orang tua Aditya Rio menambahkan, anaknya belajar normal, bahkan kalau saat longgar tetap membantu dirinya ke sawah sekaligus refreshing menghilangkan jenuh. [mul/min]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *