ads

Bawaslu Jatim Bakal Awasi Ketat Sortir dan Distribusi Surat Suara

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Meski tak bertanggung jawab langsung terhadap pengadaan logistik Pemilu 2019, Bawaslu tak mau kecolongan. Agar tidak terjadi masalah, soal surat suara akan diawasi ketat.

“Fokus Bawaslu Jawa Timur saat ini diantaranya pada pengawasan logistik pemilu. Terutama surat suara, akan kami awasi lebih ketat mulai proses lipat hingga distribusinya,” kata anggota Bawaslu Jawa Timur, Purnomo, di sela sosialisasi pengawasan oleh Bawaslu Kabupaten Malang di Kepanjen, Kamis (21/2/2019).

Ditegaskan, pengawasan surat suara ini untuk memastikan tersortir dan dilipat dengan benar. Terlebih soal distribusinya, lanjut Purnomo, harus dipastikan tepat dan tidak tertukar antar dapil satu dengan lainnya.

  • Save

Bagaimana dengan standar prosedur pengawasannya? Ia menegaskan belum ada peraturan Bawaslu terkait juknis pengawasan ini. Tetapi, lanjutnya, jajaran bawaslu harus maksimal agar tidak kecolongan.

Menurutnya, soal keamanan surat suara setidaknya seperti yang sudah sebelum-sebelumnya. Petugas sortir misalnya, harus selalu diperiksa sebelum pelipatan dan saat meninggalkan lokasi sortir.

Selain logistik, lanjut Purnomo, fokus pengawasan terus diberikan pelaksanaan kampanye dan dana kampanye. Dikatakan, dengan jumlah pemilih dan peserta pemilu sangat banya, maka pelanggaran yang didapati juga sangat banyak. Ini terutama pada pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye.

Ia menegaskan, pihaknya juga mendorong pengawasan partisipatif dengan mengajak kelompok perempuan untuk tidak hanya memilih, namun juga mengawasi pemilu ini.

“Pengawasan partisipatif lainnya juga kami dorong dari kalangan akedemisi dan kelompok difabel. Kami mengapresiasi Kabupaten Malang yang turut melibatkan difabel di pengawas TPS,” tegas anggota Bawaslu divisi hukum ini. [rul]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *