14 Tahun Berdiri, Ini 6 Fakta YouTube dalam Angka

Inspirasicendekia.com, MALANG – 14 tahun lalu, platform berbagi video terbesar di dunia YouTube resmi diluncurkan di San Bruno, California oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Ketiganya merupakan eks karyawan perusahaan digital PayPal.

Selama 14 tahun berdiri, YouTube telah diisi oleh beragam konten, mulai dari iklan, konten orisinal, trailer film, video klip musik, film pendek, hingga cuplikan acara-acara dari berbagai negara.

Untuk merayakan usianya yang sudah mencapai 14 tahun, berikut ada beberapa fakta menarik tentang YouTube dalam angka.

Google akuisisi YouTube dengan mahar US$1,65 miliar

Dalam perjalannnya yang baru satu tahun lebih beberapa bulan (November 2016) sejak diluncurkan, raksasa internet Google mengakuisisi YouTube senilai US$1.65 miliar atau setara dengan 23 triliun.

Video pertama diunggah pada tanggal 23 April 2005

Bisa nebak video apa yang pertama kali diunggah di YouTube? Ya, video milik milik salah satu foundernya, Jawed Karim.

Karim yang kala itu sedang mengunjungi kebun binatang di San Diego dan direkam oleh temannya sendiri, Yakov Lapitsky yang memperlihatkan Karim sedang berada di depan gajah.

Sampai berita ini diterbitkan, kurang lebih sebanyak 61.487.198 ribu akun yang menonton video tersebut.

4 miliar video ditonton setiap hari

Pada tahun 2018 kemarin, disebut lebih dari 1 miliar pengguna yang mengakses YouTube setiap hari. Ada bukti lebih rinci lagi mengenai seberapa kecanduannya warganet terhadap YouTube.

Tiap hari, pengguna YouTube di seluruh dunia nonton 4 miliar video, serta 6 miliar jam waktu tonton tiap bulannya. Tak hanya itu, ada 300 jam video yang diunggah setiap menitnya ke YouTube. Luar biasa bukan?

Tersedia dalam 76 bahasa

Sejak diakuisisi Google pada 2006, YouTube dikembangkan sehingga bisa diakses ke dalam 76 bahasa global, serta punya versi lokal di 70 negara karena mayoritas trafik YouTube berasal dari luar Amerika Serikat, yakni sekitar 80 persen.

Video Justin Bieber tembus 1 miliar views

Per Februari 2019, Justin Bieber satu-satunya musisi di mana 5 video klipnya mencapai 1 miliar views. Sementara musisi ternama lainnya seperti Katy Perry, Bruno Mars, Nicky Jam, Shakira, J Balvin, dan Taylor Swift hanya 4 video saja.

15 juta dislike hasil kreasi YouTube sendiri

Ini pencapaian yang nggak membanggakan juga sebenarnya. YouTube mengunggah video ‘YouTube Rewind 2018: Everyone Controls Rewind’ sebagai tradisi tahunan sebelum pergantian tahun.

Video tersebut dianggap berkualitas rendah dan nggak mewakili berbagai event penting yang terjadi sepanjang 2018. Alhasil, video ini mendulang 15 juta dislike sampai Februari 2019. [luq/*]

Berita Terkait