Tips Mengoptimalkan WhatsApp Agar Ponsel Tidak Lemot

Inspirasicendekia.com, MALANG – Menjadi layanan perpesanan paling populer, Whatsapp kini jadi aplikasi favorit yang digunakan banyak orang untuk berkirim pesan satu dengan yang lain.

Hampir setiap hari kita menerima pesan yang dikirim orang baik untuk kita pribadi ataupun melalui pesan yang masuk via grup Whatsapp.

Perlu diketahui setiap kali kita berkirim pesan melalui Whatsapp, ada hitungan kilobyte (Kb) yang tercatat dan tersimpan di storage Whatsapp.

Nah, yang terkadang jadi perkara adalah bahwa spesifikasi ponsel pun beda-beda, secara khusus dalam hal memori atau kapasitas penyimpanannya. Riwayat chat dan file WhatsApp yang sudah menumpuk bisa saja bikin ponsel anda menjadi lemot.

Tak perlu khawatir, kali ini cNET akan memberikan tips membersihkan WhatsApp agar ponsel tidak lemot.

Reset statistik penggunaan jaringan

  1. Ketuk titik tiga di sebelah kanan WhatsApp kalian lalu pilih settings/setelan.
  2. Disana ada beberapa menu pilihan, pilih data and storage/penggunaan data dan penyimpanan lalu pilih network usage/penggunaan jaringan.
  3. Scroll ke bawah dan pilih setel ulang statistik/reset statistics.

Hapus riwayat chat

  1. Ulangi poin 1 dan 2 dari langkah diatas.
  2. Pilih storage usage/penggunaan penyimpanan.
  3. Dibagian ini kalian akan melihat riwayat chat yang dibagi berdasarkan seberapa besar penyimpanan yang dihasilkan dari chat kalian dengan masing-masing kontak. Jika sering berbagi media seperti video, foto atau file, khususnya di grup, jangan kaget jika ternyata ukurannya cukup besar.
  4. Setelah mengetahui seberapa besar penyimpanan WhatsApp masing-masing chat secara umum, setelah itu masuk saja ke salah satu chat. Di sini akan muncul rincian antara lain jumlah text messages/pesan teks antara kamu dengan teman chatmu/grup itu, juga seberapa banyak kalian berbagi stiker WhatsApp, file foto, GIF, video dan lain-lain.
  5. Di bagian paling bawah kamu akan menemukan tulisan manage messages/kelola pesan. Mengetuk tulisan tersebut akan memunculkan opsi untuk menghapus file chat sekaligus banyak berdasarkan kategorinya.
  6. Dengan cara ini kalian bisa sekaligus menghapus seluruh file chat WhatsApp berupa GIF dan stiker WhatsApp di salah satu chat/grup, tetapi tetap menyimpan percakapan itu dan foto-fotonya.

Nah, demikian tips untuk mengoptimalkan WhatsApp agar ponsel tidak lemot. Jangan lupa untuk klik tombol subscribe untuk mendapatkan notifikasi ketika ada berita baru. Gratis!

Berita Terkait