Tercepat 1,7 Menit, Robot M-Turbo Tim SMK Mutu Juara Nasional OlympicAD

1.318

inspirasicendekia.com, MALANG – Dominasi kecepatan robot M-Turbo tim SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang kembali merajai kontes robot nasional. Satu medali emas dipertahankan robot SMK Mutu di ajang Olympiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) di Kota Semarang, Ahad (27/10/2019).

Robot M-Turbo SMK Mutu ini dibuat dan dijalankan Erfin Harianto dan Pupung Wicaksono, keduanya siswa kelas XII Teknik Listrik. Saat final bidang lomba robotic kategori senior maze solving, M-Turbo mencatatkan waktu 1,7 menit dengan total skor 100.

Martono ST, pembimbing tim M-Turbo mengungkapkan, prestasi juara yang diraih ini semakin menasbihkan predikat robotik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, sebagai sekolah yang selalu menyumbang medali untuk Jawa Timur di kompetisi nasional. Terutama, pada kompetisi OlympicAD yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Di ajang OlympicAD yang dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) ini, robot-robot terbaik peserta bersiang adu cepat dengan tingkat kesulitan lintasan tertentu. Pada jenjang SMA/MA/SMK, lintasan ditentukan dengan tiga kali check point.

Koordinator bidang lomba Robotic OlympicAD VI, Luqman Hakim mengungkapkan, empat kategori yang dilombakan pada robotic. Yakni, line tracer (jenjang SD), yunior maze solving (SD), senior maze solving (jenjang SMP dan SMA/MA/SMK).

Dikatakan, untuk bisa menang dilakukan babak penyisihan dan final. Final diambil juara masing-masing grup dan atau runner up.

“Line trace memakai jalur analog.
Bentuk track semakin sulit untuk yang kategori tingkat SMA/SMK,” kata Luqman. [min]

Berita Terkait