Seleksi Guru-Kasek Berprestasi, Potret Praktik Baik Kependidikan

MALANG – Seleksi tahap akhir guru dan kepala sekolah berprestasi Kabupaten Malang dilangsungkan Dinas Pendidikan, Kamis (9/9/2021). Setelah tes tulis yang digelar secara daring dan penilaian portofolio, dilakukan presentasi dan wawancara peserta 6 besar peringkat terbaik.

Seharu sebelumnya, peserta seleksi harus mengikuti tes tulis yang digelar secara daring, setelah sebelumnya dilakukan penilaian portofolio. Tes tulis dikerjakan peserta secara zoom meeting on-cam, sehingga selama mengerjakan tes mereka bisa dipantau oleh juri yang dipusatkan di SMPN 4 Kepanjen. 

Dilalukannya tes secara daring ini karena untuk menghindari kerumunan peserta seleksi. Setiap peserta harus menyelesaikan 50 soal tentang kompetensi pendidik. Waktu pengerjaan soal selama 120 menit dengan timer (penghitung waktu) sejak peserta login secara online. 

Koordinator tim penilai seleksi guru-kasek berprestasi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Joko mengungkapkan, seleksi dilakukan bertahap mulai pengumpulan portofolio dan hasil PTK (penelitian tindakan kelas), dilanjutkan tes tulis.

Seleksi Guru-Kasek Berprestasi, Potret Praktik Baik Kependidikan
Seleksi Guru-Kasek Berprestasi, Potret Praktik Baik Kependidikan

Dikatakan, hasil keduanya lalu digabung, dan menjadi penentu 6 (enam) besar peringkat tertinggi masing-masing kategori peserta. Peserta peringkat 6 besar tersebut lalu diharuskan presentasi PTK dan tes wawancara langsung di depan tim penilai. 

“Yang dipresentasikan adalah PTK yang sudah dilakukan. Akan kelihatan nanti jika penelitian benar-benar dilakukan dan karya sendiri guru,” tandas Joko. 

Pihak Dinas Pendidikan memastikan penghargaan bagi peserta terbaik yang terpilih juara 1-3. Masing-masing, piagam dan hadiah sebesar Rp 4 juta (juara 1), Rp 3 juta (juara 2), dan Rp 2 juta (juara 3). Hadiah juga diberikan bagi peserta juara Harapan 1-3.

Para peserta seleksi guru berprestasi ini dimotivasi menjadi Guru Penggerak, yang mampu mengembangkan dan menularakan praktik-praktik baik yang sudah dilakukannya kepada guru sejawat lain di tempat bertugas. 

Hasil seleksi guru-kasek berprestasi untuk juara 1 berturut-turut sebagai berikut: 

  1. Guru SMP diraih Warsito (SMPN 2 Kasembon).
  2. Guru SD diraih Susana Eka Dewi (SDN Ardirejo 2 Kepanjen)
  3. Guru TK, diraih Fianti Sari, MPd (TK PGRI 2 Wagir)
  4. Kepala SD, diraih Asih Erwiyati (SDN Ngadilangkung 2 Kepanjen)
  5. Kepala TK, diraih Siti Julaekha (TK Muslimat NU 14 Karangdureng Pakisaji). [amn]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.