Ratusan Proposal Mahasiswa Menangi Hibah Penelitian PKM Dikti

269

inspirasicendekia.com, MALANG – Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenriset-Dikti) telah merilis daftar proposal penelitian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun ini. Ratusan proposal tim mahasiswa telah disetujui melalui seleksi sangat ketat.

Tim mahasiswa dari berbagai kampus negeri dan swasta telah mengajukan proposal penelitian PKM. Dari kampus UMM misalnya, tercatat 400 lebih proposal PKM diajukan mahasiswanya. Tetapi, dari ratusan proposal ini yang berhasil disetujui Kemenristek-Dikti hanya 38 proposal.

“Proposal kami lolos dan disetujui dengan nilai hibah penelitian Rp 8,8 juta dari pengajuan sebesar Rp 12,5 juta. Total semuanya ada 15 proposal dari Fakultas Pertanian dan Peternakan,” kata Hendra Adi Setiyawan, mahasiswa jurusan Fakultas Peternakan UMM, Kamis (4/4/2019).

Proposal penelitian PKM Hendra Adi berjudul ‘Efektivitas Penambahan Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) pada pakan terhadap Percepatan Kematangan Gonad Udang Galah.’ Project penelitian ini bakal dikerjakan bersama dua anggota tim lainnya, Yayang Dita Wulandari dan Utami Kartika Putri Santosa, selama sekitar lima bulan.

“Daun kelor memiliki kandungan nutrisi sangat baik sebagai pakan ternak. Paling banyak kandungan kalori (305 gram) dan kadar air (76,5 gram). Saat ini sedang menyiapkan membuat ekstraknya,” jelas Hendra.

Untuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang, kampus Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan hibah PKM terbanyak tahun ini.

Terpisah, Kotok Gurito, Kepala Humas UB menyatakan, setidaknya ada 81 tim yang lolos proposal penelitiannya dan didanai Kemenristek Dikti dengan total Rp.627.250.000.

Sementara itu, proposal PKM mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang disetujui jumlahnya lebih sedikit, yakni hanya 36 proposal. [amn]


Beri Komentar
Berita Terkait