ads

Pekan Depan, KPU Distribusikan Logistik Kelengkapan Pemilu 2019

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sebagian logistik pemilu 2019 segera didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Logistik ini berupa alat kelengkapan untuk proses pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

“Ya, tahapan distribusi logistik pemilu 2019 dilakukan per awal Maret ini. Sementara masih beberapa alat kelengkapan pemungutan, kecuali berbagai jenis formulir dan kartu suara,” kata ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko, Jumat (1/3/2019).

Dikatakan, alat perlengkapan pemungutan suara ini berada dalam kotak suara. Jumlahnya, 5 buah kotak untuk tiap TPS, sedangkan di PPK sejumlah 11 buah kotak. Sementara, untuk logistik formulir pengadaannya oleh KPU provinsi. Sedangkan, kartu suara diadakan langsung oleh KPU RI.

“Sejauh ini semua logistik pemilu, kecuali semua model formulir dan surat suara pilpres, sudah ada di gudang logistik KPU. Surat suara lainnya siap sortir dan didistribusikan ke kecamatan-kecematan,” jelasnya.

Pada pemilu 2019 ini, nantinya ada lima jenis surat suara dengan warna yang berbeda-beda yang harus dicoblos pemilih. Yakni, surat suara pilpres (abu-abu), DPD (merah), DPR RI (kuning), DPRD Provinsi (biru), dan DPRD kabupaten/kota (hijau).

Lalu, bagaimana teknis lipat dan sortir surat suara? Menurut Santoko, anggaran sortir surat suara yang disiapkan sejumlah Rp 1 miliar. Namun, lanjutnya, pihaknya masih menunggu hasil konsultasi dan koordinasi teknis soal sortir.

“Sortir surat suara dilakukan KPU Kabupaten Malang. Masih belum diputuskan, apakah memakai jasa rekanan, atau melibatkan tenaga dari kerja sama dengan PPK seperti sebelumnya,” kata Santoko. [amn]

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *