ads

Pajak Bertutur KPP Kepanjen, Bangun Kesadaran Pajak Generasi Muda

inspirasicendekia.com, MALANG – Puluhan pelajar mendapatkan kampanye Pajak Bertutur yang digelar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kepanjen, Rabu (25/8/2021). Sosialisasi Pajak Bertutur ini diikuti secara virtual dalam jaringan, serentak se-Indonesia.

Kegiatan Pajak Bertutur 2021ini dilakukan KPP Pratama Kepanjen bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Kepanjen. Acara diawali sambutan Kepala KPP Pratama Kepanjen, Amir Makhmut, dilanjutkan kepala SMA Negeri 1 Kepanjen.

Kepala KPP Pratama Kepanjen, Amir Makhmut menyatakan, budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan. Sehingga, sadar pajak menjadi salah satu karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara, melalui kesadaran dan pemahaman hak dan kewajiban perpajakan.

Ditegaskan pula, perlu upaya yang dilakukan secara terstruktur, terarah dan terpadu, untuk meningkatkan kesadaran melalui dunia pendidikan  terhadap program edukasi kesadaran pajak yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Selanjutnya, penyampaian materi Pajak Bertutur lebih banyak tentang edukasi perpajakan. Yang disampaikan adalah peranan pajak dalam menghadapi pandemi COVID-19, juga peranan dunia pendidikan dalam mewujudkan generasi emas yang cerdas dan sadar  pajak. Penyampaian materi diselingi acara games yang dipandu Tim Penyuluh Pajak KPP Pratama Kepanjen.

Kegiatan Pajak Bertutur 2021 ini merupakan kegiatan rutin instansi di bawah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan setiap tahunnya.

Yakni, dalam rangka mengampanyekan Program Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan. Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada 25 Agustus 2021 ini.

Tema yang diangkat, ‘Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara’, dengan tagline “Pajak Bertutur 2021: Sehari Mengenal, Selamanya Bangga”. Pajak Bertutur 2021 juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Mengingat masih pandemi, kegiatan Pajak Bertutur 2021 dilaksanakan secara daring melalui video conference dan live streaming media sosial.

Kegiatan kampanye tersebut dilakukan melalui kegiatan Pajak Bertutur. Rangkaian kegiatannya mencakup kegiatan penguatan literasi kesadaran pajak kepada dunia pendidikan, yang dilaksanakan dari jenjang pendidikan tingkat dasar (SD), menengah (SMP), tingkat atas (SMA) dan perguruan tinggi.

Peserta Pajak Bertutur 2021 adalah 1.000 peserta untuk kegiatan yang diselenggarakan Kantor Pusat DJP. Terdiri dari, mahasiswa perguruan tinggi untuk kegiatan yang diselenggarakan Kantor Wilayah DJP, dan siswa SMP/SMA untuk kegiatan yang diselenggarakan Kantor Palayanan Pajak atau Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan. [amn]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.