Menangi Kompetisi Dikti, Mobil Urban Listrik UMM Go Asia

254

inspirasicendekia.com, MALANG – Mobil listrik hemat energi rakitan tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bakal diuji keunggulannya di kompetisi Asia. Ini setelah mobil modifikasi ini sukses menjuarai ajang bergengsi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi belum lama ini.

Tim mahasiswa yang tergabung dalam Mekatronic Team UMM ini menyabet Juara 1 dalam Kategori Urban Listrik. Mekatronic Team mengandalkan kendaraan Genetro Suryo U.E.V 06, unggul dengan hasil terbaik dan menyisihkan tim peserta dari perguruan tinggi lainnya.

Dengan hasil ini, mobil listrik andalan UMM ini tengah dipersiapkan untuk berlaga pada Shell Eco Marathon Asia (SEMA) 2019 mendatang.

Afrianto, drive train di Mekatronic Team UMM mengungkapkan, mobil listrik UMM Genetro Suryo U.E.V 06 berhasil menjadi yang terjauh dengan efisiensi terbaik, dengan capaian 335,09 KM/KWH.

Sementara itu, Mohammad Jufri selaku pembina Tim Mekatronik mengatakan, perolehan nilai 335,09 KM/KWH ini bahkan memecahkan rekor Asia dan dunia. Capaian ini diakui oleh Jufri atas kerja keras seluruh anggota tim. Beberapa hal dilakukan untuk merancang mobil seefisien mungkin. Di antaranya dengan meminimalisir berat kendaraan agar lebih ringan.

“Angka tersebut diperoleh atas kerja keras tim dengan melakukan beberapa modifikasi pada mobil itu sendiri,” papar dosen Program Studi Teknik Mesin ini.

Selain menjuarai kategori Urban Listrik, kendaraan Hrusangkali Evo 01 yang dirancang tim peserta UMM lainnya juga unggul di kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline. Mobil tim Srikandi UMM keluar dengan perolehan sebagai juara pada kategori Desain Estetika Terbaik.

KMHE sendiri adalah even yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional. Tiap tahunnya, ajang kompetisi ini melombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. [mas/rul]


Beri Komentar
Melalui Pewarta:
Berita Terkait